Ibnu Sina Resmikan Posyandu Kesehatan Jiwa Baiman, Satu-satunya di Kalsel


hallobanua.com, BANJARMASIN - Meningkatnya kasus angka Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Banjarmasin membuat Pemko Banjarmasin mendirikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus Kesehatan Jiwa. 

Pos layanan terpadu itu diselaraskan dengan dilaunchingnya Posyandu Kesehatan Jiwa Baiman kerjasama Pemko Banjarmasin dan Dinkes setempat. 

Launching pun langsung dilakukan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, di Rumah Singgah Dinas Sosial (Dinsos) kota Banjarmasin pada Selasa, (11/10/22) pagi. 

Menurut Ibnu Sina, Posyandu Kesehatan Jiwa Baiman ini merupakan posyandu khusus satu-satunya di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menangani kesehatan jiwa. 

"Singkatannya Posyandu Keswa. Ini juga termasuk Jambore Kesehatan Jiwa ke 3. Dan hari ini resmi kita buka," ungkap Ibnu Sina, Selasa (11/10/22). 

Ibnu tak menampik jika saat ini pengidap ODGJ di Kota Seribu Sungai mengalami peningatan. Mulai dari gangguan jiwa ringan sampai berat. 

"Makanya kita harus perhatian terkait hal ini. Dan kita di Dinsos punya aset yakni Rumah Singgah yang bisa menampung anak jalanan, terlantar, Lansia, disabilitas hingga ODGJ," tuturnya. 

Oleh sebab itu, dengan adanya posyandu ini kata Ibnu bisa memberikan pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat Ota Baiman. 

"Apalagi disini ada psikiater dan dokter spesialis jiwa yang memberikan pelayanan dan perawat jiwanya," pungkasnya. 

Sementara itu, Kadinkes Banjarmasin, Muhammad Ramadhan mengungkapkan pelayanan yang ada di Posyandu Kesehatan Jiwa Baiman tersebut yakni melayani pasien di Rumah Singgah Dinsos Banjarmasin terlebih dulu. 

"Tapi kedepannya jika menuju ke klinik, itu bisa melayani masyarakat setiap hari yang seperti masyarakat yang stres, bahkan ODGJ," tuturnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya