Lestarikan Budaya di Momen Sumpah Pemuda, SMPN 32 Tampilkan Kesenian Tradisional

hallobanua.com, BANJARMASIN - Memeriahkan hari Sumpah Pemuda ke 94, SMPN 32 Banjarmasin tampilkan beberapa kesenian tadisional. 

Tak hanya itu, dengan tema "Sekolahku bangkit" dengan motto, Aku Bisa, sejumlah murid juga turut mengenakan berbagai pakaian adat tradisional. 

Kepala SMPN 32 Banjarmasin, Dra. Suriasa mengatakan, ada beberapa pertunjukan tradisional yang ditampilkan yakni, Tarian, Pencak Silat, Pembacaan Puisi dan Pidato, hingga Lomba Bakiak yang diikuti para siswa. 

"Beberapa kegiatan untuk mengedukasi para murid di SMPN 32 ini, dan menjadi pengalaman bagi mereka," ungkapnya usai kegiatan, Sabtu, (29/10/22). 

Tak hanya itu, dengan menampilkan permainan hingga kesenian tradisional ini kata dia merupakan bentuk pihaknya melestarikan kebudayaan di Banjarmasin. 

"Karena sekarang ini anak-anak sudah cenderung meninggalkan dan melupakan budaya-budaya tradisional itu,"ujarnya. 

"Sehingga dengan ini kami inginkan budaya tradisional ini tetap diangkat dan membangkitkan semangat kepada para generasi muda di SMPN 32 Banjarmasin," sambungnya. 

Suriasa pun berpesan, agar anak-anak terus bersemangat dalam belajar dan terus meningkatkan motivasi berkreasi dan beraktivitas. 

"Sehingga menjadi pelajar yang mandiri dan menjadi pelajar yang percaya diri dan berprestasi," pungkasnya. 

Sementara itu, salah satu murid SMPN 32 Banjarmasin, Suria Wira Nata (14) mengaku senang dengan adanya kegiatan di sekolahnya tersebut. 

Bukan tanpa alasan, mengingat sudah 2 tahun lebih pasca Pandemi Covid-19, di sekolahnya tak pernah melaksanakan kegiatan serupa. 

"Jadi ini kegiatan positif, dapat menjadikan semangat para pemuda-pemuda seperti kami ini," ujar siswa kelas 9A tersebut.. 
Ia pun berharap, kegiatan-kegiatan disekolah lebih sering dilaksanakan, agar menambah percaya diri para siswa. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya