Operasi Zebra Intan di Batola Dimulai 3-16 Oktober 2022


hallobanua.com, MARABAHAN - Polres Barito Kuala (Batola) menggelar Upacara Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Zebra Intan tahun 2022, Senin (03/10/2022). 

Upacara yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Batola ini dihadiri Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor, instansi terkait, dan jajaran kepolisian Polres Batola. 

Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan “Zebra Intan 2022” Polres Batola ini dipimpin Kapolres AKBP Diaz Sasongko SIK selaku pembina upacara. 
Apel yang diikuti pasukan Kodim, Polres, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, dan Senkom ini ditandai penyematan pita secara simbolis kepada perwakilan pasukan yang akan bertugas. 

Kapolres Batola AKBP Diaz Sasongko SIK dalam amanat Dirlantas Polda Kalsel menyebutkan, pelaksanaan Operasi Zebra Intan yang dimulai sejak tanggal 3 – 16 Oktober 2022 ini lebih mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan didukung pola gakkum lantas secara elektronik dengan menggunakan ETLE statis dan mobile, teguran serta tidak diperkenankan melaksanakan gakkum lantas secara stationer. 

Dalam operasi tersebut, terdapat 7 prioritas pelanggaran dalam, yaitu pengemudi dan pengendara motor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi atau pengendara motor yang masih di bawah umur. 

Kemudian berboncengan lebih dari 1 orang, melawan arus, tidak menggunakan helm dan tidak menggunakan safety belt, melebihi batas kecepatan, berkendara saat mabuk dan melawan arus. 

“Namun yang paling penting dari Operasi Zebra ini adalah mengurangi kecelakaan lalu lintas dan mengajak masyarakat tertib berlalu lintas,” ujarnya. 

Sedangkan mengenai penindakan menggunakan sarana Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah Kabupaten Barito Kuala sementara belum diterapkan sehingga penindakan ini belum bisa diterapkan. 

Kapolres menekankan, personel dalam melaksanakan tugas hendaknya ikhlas dengan prinsip proaktif dan problem solving di samping mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan serta menghindari perbuatan yang kontra produktif. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya