Pertama Kali di Kalsel, BPBD Banjarmasin Apresiasi Simulasi Kebencanaan di Sekolah

hallobanua.com, BANJARMASIN-  BPBD Kota Banjarmasin turut mengapresiasi kegiatan Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pelambuan Banjarmasin pada Selasa, (18/10/22) pagi. 

Menurut Kalak BPBD Banjarmasin, Fahruraji, kegiatan simulasi kesiapsiagaan bencana kebakaran ini, murni inisiatif dari SLB Pelambuan Banjarmasin. 

"Karena mereka juga menyadari bahwa mereka berada di daerah yang rawan bencana, kebakaran maupun banjir," ungkapnya. 

Tak hanya itu, pihak sekolah pun dengan sadar, telah membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Sekolahnya. 

Diketahui, SPAB merupakan program Kementrian Kebudayaan, Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. 

Tujuannya untuk membangun budaya siaga dan aman di sekolah, serta untuk membangun ketahanan dalam menghadapi bencana oleh warga sekolah yang salah satu upayanya adalah memasukkan materi PRB dalam kurikulum sekolah. 

"Jadi mereka minta bantuan BPBD untuk melakukan edukasi dan pendampingan. Dan alhamdulillah hari ini simulasi antara tenaga pendidik dan siswa-siswinya berjalan lancar," katanya. 

"Jadi apabila terjadi bencana, kita bisa melakukan penyelamatan tanpa ada korban," sambungnya. 

Selain itu, menurutnya pelatihan simulasi di SLB ini pertama kali di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Pihak BPBD Banjarmasin pun kata Raji menginginkan, sekolah-sekolah yang ada di Kota Seribu Sungai, untuk bisa mewujudkan Sekolah Tangguh Bencana (STB). 

"Apalagi kawasan sekolah yang rentan, itu bisa membentuk STB itu. Dan Alhamdulillah, SLBN Pelambuan ini pertama kali. Jadi sangat luar biasa, kami sangat apresiasi," pungkasnya. 

Ia pun berharap, apa yang dilaksanakan oleh SLBN Pelambuan Banjarmasin menjadi inspirasi sekolah-sekolah lain di Banjarmasin. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya