Temui Zairullah Azhar, Bupati Barito Timur Bahas Sejumlah Hal Ini


hallobanua.com, TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu menerima kunjungan kerja (Kunker) Bupati Barito Timur, Dr. Ampera A.Y Mebas dan jajarannya. Pertemuan kunker ini, membahas sejumlah soal pelayanan, maupun pertanian di Bumi Bersujud yang dinilai patut menjadi contoh daerah lain. 

Ramah tamah kedatangan Bupati Barito Timur dan rombongannya ini, disambut hangat Bupati, Abah HM Zairullah Azhar yang berlangsung di kantornya di Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Tanbu Rabu (19/10/2022). 

Kunker dari Barito Timur ini turut dihadiri Asisten dan Staff Ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat serta pejabat Pemerintah Desa Lingkup Tanah Bumbu, Komite Percepatan Pembangunan Tanah Bumbu dan tamu undangan lainnya. 

Seperti diungkapkan, kunker guna meningkatkan kualitas pelayanan, dengan mewujudkan tata kelola pemerintahan baik, dan mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan ekonomi kerakyatan pada bidang pertanian, perikanan serta peternakan ini disambut baik Pemkab Tanbu. 

Usai kunker ke Tanbu, rombongan Bupati Barito Timur selanjutnya bakal ke Kabupaten Kotabaru. 

"Hari ini kita kedatangan tamu yang
membawa berkah yaitu Barito Timur,
akan kabupaten yang terbangun
lebih awal dari pada Kabupaten
Tahun Bumbu," ungkap Bupati Zairullah. 

Dalam sejarah perjalanan pembangunan
Kabupaten Tanah Bumbu diungkapkan oleh Bupati Zairullah, dulunya sempat mengalami minus pendapatan sekitar 1,8 persen, namun kini berhasil berkembang jauh lebih baik. 

Bupati Tanah Bumbu juga menjabarkan
terkait fokus program kerja terkini Pemkab Tanbu yaitu pembangunan Bendungan Kusan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air. 

Bupati Barito Timur, Dr. Ampera, A.Y. Mebas, ditemani Munita Mustika Dewi selaku Ketua TP PKK Barito Timur, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kabupaten Barito Timur memiliki 10 kecamatan dan 101 desa. 

"Walaupun daerah pemekaran, Barito Timur merupakan daerah berpenghasilan pertanian dan kebun karet, kami juga aktif produksi gabah," katanya. 

Oleh karenanya, Tanah Bumbu menjadi acuan kemajuan pertanian, ada banyak kawasan sawit di Tanah Bumbu ini. 

"Rencananya kami juga akan membuka sawit masyarakat seluas 800 hektar dan akan kami buatkan kriterianya," ujarnya. 

Dikatakan, rencananya Barito Timur akan fokus melakukan pengembangan di berbagai aspek, turut disinggung juga oleh Bupati Ampera mengenai perkembangan industri. 

"Pada tahun ini kami juga melakukan
pembenahan dan pembinaan Bundesmart (usaha desa),'ungkap Bupati Ampera. 

Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia, Pada 2020 menunjukkan, angka penduduk kabupaten ini berjumlah 113.229 jiwa, dengan kepadatan 30 jiwa/km² dan sekarang terus berkembang. 

Untuk diketahui, Tanah Bumbu sendiri merupakan penghasil ikan terbesar di Kalimantan Selatan, dongkrak penghasilan juga dari luasan perkebuhan sawit, pertanian dan industri pertambangan. 

Sekedar diketahui, Tanah Bumbu memiliki luas kurang lebih 5.200 km², populasi penduduk 375.000 jiwa, ada 13 Kecamatan dan 171 desa, terdiri dari 34 suku yaitu kebanyakan dari transmigran. 

ags/may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya