Ajarkan Olahan Pangan Berbahan Singkong, Cara Dispersip Kalsel Berikan Pelatihan Kepada Masyarakat

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan terus gencar melaksanakan pelatihan bagi masyarakat. 

Bukan tanpa alasan, hal itu tentunya untuk mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat di banua. 

Pasalnya, Perpustakaan Palnam Kalsel saat ini terus menggaung program Tranformasi Berbasis Inklusi Sosial. 

Bertajuk “Hilirisasi Olahan Pangan Lokal Berbahan Singkong untuk Ksejahteraan Keluarga”, kegiatan pelatihan turut mendatangkan narasumber dari anggota Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Banjar, untuk berbagi cara membuat berbagai produk menarik. 

Tak tanggung, kegiatan dibuka resmi Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani Dardie, yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Wildan Akhyar, pada Senin, (15/11/22) kemarin. 

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menambah pengetahuan warga dan menunjang kesejahteraan masyarakat. 

"Ini kegiatan kita yang ke-5 di program tranformasi perpustakaan, kita gandeng para ibu PKK dari Banjarmasin, Banjarbaru, dan Banjar," ungkap Wildan di Aula Kantor Dispersip Kalsel belum lama tadi. 

"Ini nanti harapannya mereka dapat menularkan ilmu yang didapat pada masyarakat lain di lingkungannya," sambungnya. 

Terpisah, Siti Mardiah salah satu narasumber yang memiliki banyak pengalaman menyampaikan, ada bermacam olahan yang dapat dibuat dari bahan yang mudah didapat tersebut. 

Selain makanan basah, bahan dasar singkong juga dapat diolah jadi camilan atau makanan kering, di antaranya saut, getuk, balo singkung, arem-arem, dadar gulung, pais, ongol-ongol, keripik, opak, dan lainnya. 

"Hari ini kita praktikkan 8 resep untuk makanan basah. Semoga ini dapat menambah keterampilan ibu-ibu dan menularkannya, seperti apa yang diharapkan perpustakaan," bebernya. 

Bahkan menurut wanita yang juga Anggota Pokja 3 PKK kabupaten Banjar ini, singkong juga dapat diolah menjadi nasi kebuli. 

Dengan inovasi itulah pihaknya berhasil menjadi juara pertama dalam lomba tingkat provinsi Kalsel. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya