Banjarmasin Rawan Kejahatan, Kapolresta Bentuk Tim Gabungan

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A Martosumito

hallobanua.com, BANJARMASIN - Aksi kejahatan di Kota Banjarmasin mulai marak terjadi, warga pun diminta untuk waspada dan berhati-hati. 

Menyikapi hal tersebut, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A Martosumito, mengatakan hal itu menjadi atensi pihaknya. 

"Kami sudah membuat tim gabungan untuk melakukan penyelidikan," ujar Sabana, ditemui di sela-sela acara kunjungan ke pasar Kuripan, Selasa (15/11/22). 

Kapolres bilang, tim gabungan ini tidak hanya terdiri dari anggota di Polresta Banjarmasin saja, namun juga ke Polsek-polsek hingga dibackup anggota Polda Kalsel. 

"Tim itu yang bekerja menindaklanjuti tindakan kriminal mulai dari penjambretan ini hingga ke pencurian tutup drainase yang belakangan menjadi perhatian di kota Banjarmasin," jelasnya. 

"Penyelidikan terus berlanjut, dan yang penting kan hasilnya," sambungnya. 

Namun, Sabana bersyukur, karena berkat kerja keras dari tim ini, sejumlah kasus kriminal pun telah bisa dirampungkan. 

"Alhamdulillah ya, beberapa tempat di kasus penganiayaan sudah berhasil diamankan, kita lakukan profiling di mana jam berapa, kondisi seperti apa, lalu kita temukan benang merahnya," ujar Kapolresta. 

Kebanyakan pelaku kasus penganiayaan yang telah berhasil diringkus, kata dia, masih dibawah umur dan beraksi di bawah pengaruh minuman keras. 

Faktor pemicu yang sementara terbaca dari hasil pemeriksaan sejumlah pelaku, di antaranya adalah kenakalan remaja, akibat minuman keras, mabuk lem, dan lainnya. 

"Kadang pelakunya anak di bawah umur, mereka itu ada grup untuk janjian, kasus salah sasaran, itu yang masih kita pelajari semuanya, kita lihat benang merahnya tanpa mengenyampingkan hak-hak mereka juga," kata Kapolres. 

"Mereka akan mendapatkan pendampingan dari Unit PPA dan proses hukum pun tetap berlanjut," lanjutnya. 

Kapolresta pun mengimbau masyarakat untuk tidak segan melapor apabila menemukan atau mengetahui adanya tindakan kejahatan di sekitar mereka. 

"Kami kepolisian pasti akan menindaklanjuti. Kami siap 24 jam," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya