Wow! Pemko Bakal Bangun Jembatan Membelah Sungai 2023 Mendatang

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin bakal kembali membangun jembatan yang membelah sungai Martapura. 

Di tahun 2022 ini, PUPR Banjarmasin pun juga sudah melakukan review Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan dan detail engineering design (DED) terhadap pembangunan akses Jembatan di kawasan Sungai Jingah menuju Sungai Bilu tersebut. 

Menurut Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah, sebelumnya rencana proyek pembangunan jembatan penghubung antar dua kelurahan tersebut mulai direncanakan pada tahun 2018 lalu. 

Akan tetapi, terkendala karena beberapa hal, terpaksa pembangunan ditunda hingga dijadwalkan kembali di tahun 2023 mendatang mulai dilakukan. 

"Sebelumnya sudah dilakukan di tahun 2018 lalu dan kita coba review kembali. Termasuk titik dan lokasi nantinya dimana," ucapnya beberapa waktu lalu. 

Tak hanya fokus pada pemilihan titik lokasi yang strategis, pihaknya juga tengah mempertimbangkan konstruksi yang fleksibel untuk jembatan yang dibangun nanti. 

 Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin,  Suri Sudarmadiyah

Menurutnya di kawasan Sungai Jingah khususnya ada wisata religi dan banyak rumah bahari suku Banjar. Sehingga penentuan lokasi untuk pembangunan harus fleksibel dan strategis. 

"Opsinya berdasarkan titik awal di 2017 itu antara dua yakni Sungai Bilu Intake PTAM Bandarmasih atau Rumah Makan Lontong Orari. Jadi ada dua," jelasnya. 

"Sedangkan seberangnya titiknya di sekitar pertigaan Sultan Adam dan di ujung sekitar Makam Syekh Surgi Mufhti. Untuk titik-titik masih dikaji lagi yang mana paling fleksibel" lanjutnya. 

Pembangunan proyek ini kata dia menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan Kota Banjarmasin tahun 2022. 

"Ini sudah jalan. Harapannya di akhir Desember sudah keluar nanti dan sudah bisa di ekspos," ungkap wanita yang disapa Yayah tersebut. 

Terkait konsep, ia bilang jembatan yang hendak dibangun ialah jembatan gantung. Namun itu masih didiskusikan pihaknya bersama pimpinan dan DPRD Kota Banjarmasin. 

"Apakah nanti dibangun untuk roda dua saja atau roda empat juga," pungkasnya. 

Terakhir, ia membeberkan proyek pembangunan tersebut dimulai dengan pembebasan lahan dan mulai dilaksanakan di tahun 2023 mendatang. 

Hal itu berdasarkan data dari hasil review studi kelayakan dan DED yang telah dilakukan sebelumnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya