Siap Siaga, Banjir Rob di Banjarmasin Diprediksi Hingga Desember


hallobanua.com, BANJARMASIN - Berdasarkan prediksi BMKG, cuaca ekstrim dan kondisi pasang air bakal terjadi hingga Desember 2022. Saat ini saja, sejumlah ruas jalan dan pemukiman mulai terendam banjir rob. 

Dari pantauan media ini di kawasan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat pada Rabu, (30/11/22) dini hari sekitar pukul 00.30 Wita, ketinggian banjir rob sampai diatas mata kaki orang dewasa. 

Banjir rob jjga terjadi di beberapa kawasan di Kota Seribu Sungai dengan ketinggian yang bervariasi. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Husni Thamri membeberkan, pasang tinggi air dipredikisi bakal terjadi hingga Desember 2022. 

"Sudah diprediksi BMKG, apalagi saat ini cuaca ekstrim," ujarnya Selasa, (29/11/22) kemarin. 

Ancaman banjir rob ini bukanlah kali pertama di kota BanjqrmasinDalam beberapa bulan belakangan ini saja, sudah berkali-kali banjir rob melanda kota ini. 

Pihaknya pun megaku sudah jauh-jauh hari mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadai banjir rob. 

"Kita sudah menyiapkan SK Wali Kota mengenai kesiapsiagaan antisipasi bencana banjir ini. Namun kita mengharapkan agar tidak terjadi," harapnya. 

Ia bilang, saat ini ketinggian air rob bervariasi mulai dari 20 hingga 60 cm. Namun rob cepat surut karena sungai dan saluran drainase lancar. 

"Jadi antisipasi kami tentu dengan sosialisasi bersama masyarakat ditempat tempat rawan banjir," katanya. 

Oleh sebab itu, ia pun meminta pihak terkait serta masyarakat untuk bisa menjaga saluran air atau drainasie agar bisa berfungsi dengan baik. 

"Agar saat banjir rob itu naik, drainase itu bisa menurunkan air dengan cepat. Dan itu perlu diantisipasi," pungkasnya. 

"Kita juga sudah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang standby 24 jam. Ini tugasnya memantau cuaca dan ketinggian air. Sehingga kita bisa siap siaga memberitahu masyarakat agar berhati-hati," tutupnya. 


Penulis : rian akhmad/ may

Kota bjm

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya