Jaga Kondusifitas Perairan Kalsel, Persatuan Nelayan Kalsel Gelar Deklarasi

hallobanua.com, TANAH LAUT - Persatuan Nelayan Kalimantan Selatan (Kalsel) mengajak segenap lapisan nelayan yang berada di pesisir Kalsel untuk bersama sama menjaga kondusifitas perairan wilayah Kalsel. 

Hal itu untuk terciptanya keamanan bagi para nelayan saat mencari ikan di perairan Kalsel. 

Ketua Ormas Persatuan Nelayan Kalsel, Jamaluddin mengatakan, pihaknya pun mendeklarasikan para nelayan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Nelayan Kalsel. 

“Kami deklarasikan siap jaga kondusifitas untuk nelayan lebih sejahtera," ungkapnya Senin, (31/10/22) kemarin, di kantor sekertariat Persatuan Nelayan Kalsel di Desa Muara Kintap, Kab. Tanah Laut. 

Saat ini kata dia, permasalahan nelayan lokal masih terjadi, masih adanya aktifitas nelayan dari luar pulau Kalimantan, seperti di wilayah Desa Muara Kintap, Kab. Tanah Laut. 

"Dikarenakan adanya aktifitas nelayan dari luar Kalimantan dengan menggunakan alat tangkap berupa jenis cantrang yang penggunaannya dianggap tidak sesuai pada batasan wilayah yang telah di tentutak. Mengingat kebanyakan para nelayan lokal dalam menangkap ikan masih menggunakan alat tangkap berupa jala yang masih tradisional," ujarnya. 

Dengan adanya aktifitas nelayan dari luar Kalimantan ini kata dia membuat keresahan nelayan lokal di Perairan Kalsel. 

"Nelayan lokal pun hasil tangkapannya menjadi menurun karena alat tangkap yang digunakan oleh Nelayan luar Kalimantan seperti alat jenis cantrang dianggap merusak seluruh biota Laut termasuk hewan maupun tumbuhan atau karang," jelasnya. 

Diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) kelautan dan perikanan RI No 18 Tahun 2021 bahwa alat tangkap ikan jenis Cantrang / Pukat Harimau merupakan alat tangkap ikan yang dilarang oleh Pemerintah. 

Namun penggunaan alat tsngkap Ikan jenis Cantrang hanya bisa digunakan diperairan 12 mil keatas, sedangkan otoritas penyidik dilakukan dari Pol Airud Polda Kalsel hanya 12 mil dari pinggir pantai sedangkan 12 mil s/d 24 mil penyidikan dilakukan oleh TNI AL. 

Jamaluddin pun  berharap dengan seruan dalam menjaga kondusifitas perairan wilayah Kalsel ini diharapkan semua nelayan bisa ikut andil dalam menjaga kawasan perairan kalsel. 

"Dan apabila terjadi permasalahan untuk tidak mudah terpancing dan sadar hukum saat menghadapi masalah serta mengedepankan musyawarah sehingga stabilitas kamtibmas tetap terjaga," harapnya. 

Kedepan dengan terciptanya situasi yang kondusif diperairan kalsel diharapkan hasil tangkapan ikan para nelayan bisa lebih meningkat dan kesejahteraan para nelayan bisa lebih sejahteran. 

Penulis : rian akhmad/ may
Tanah Laut
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya