Perpustakaan Dispersip Kalsel, Diakui Ramah Anak dan Ramah Disabilitas


hallobanua.com, BANJARMASIN  - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kedatangan Theodorik Rizal Ambarita. 

Ia merupakan seorang Perencana Ahli Muda Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Kalsel. 

Kedatangan Theo tidak sendiri dia membawa istri dan 2 orang  putra putrinya. 

Tujuan kunjungan Theo ke Perpustakaan selain ingin menumbuhkan budaya gemar membaca kepada anaknya, dia juga menemani sang istri mencari buku-buku tentang psikologi karena ibu 2 anak itu tercatat sebagai mahasiswi Psikologi. 

Mereka sempat di ajak berkeliling Perwakilan dari Subag Program dan Perencanaan Dispersip Prov. Kalsel, Abdul Wahid untuk melihat sapras yang dimiliki Perpustakaan Kebanggaan warga Kalsel ini. 

Mulai dari Layanan Umum, Deposit, Referensi, Lokal Konten, Layanan Anak hingga kebelakang melihat Perpustakaan difadel dan gedung theather. 

Pada Kesempatan ini pula mereka menjadi Anggota Perpustakaan di Layanan umum dan sudah mendapatkan kartu anggotanya langsung. 

"Kita sangat menyadari akan pentingnya menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini melalui literasi keluarga," ungkap Theo. 

Tak hanya itu, dirinya juga mendaftarkan kedua anaknya sebagai anggota perpustakaan dan langsung meminjamkan buku untuk anaknya. 

"Sangat senang melihat pembangunan Perpustakaan ramah Disabilitas, artinya Pemprov Kalsel melalui Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, sudah melaksanakan amanah dan Perda Disabilitas, serta bentuk implementasi mendukung Rencana Aksi Daerah Penyandang Disabilitas (RAD-PD),"Kata Theo. 

Tak hanya itu, ia menambahkan bahwa perpustakaan Palnam ini sangat ramah anak. Terbukti adanya layanan anak atau yang lebih dikenal dengan kids library, yang fasilitas tidak cuman buku-buku anak juga dilengkapi dengan permain indoor dan outdoor, serta adanya arena anak 3 tahun ke bawah. 

"Pelayanan sangat cepat dan sangat ramah pastinya, saya juga berharap gedung theater nya bisa dibuat banyak hal, sesekali bisa dibuat seminar selain menyediakan informasi dari berbagai hal," pungkasnya. 

Sementara itu, Kadispersip Kalsel yang sering disapa Bunda Nunung juga turut mengajak keluarga ke perpustakaan. 

"Tentu ini untuk meningkatkan minat baca di kalangan keluarga, mening­kat­kan kebahagiaan keluarga dengan men­cintai perpustakaan, membangun buda­ya baru yakni cinta keluarga dan cinta perpustakaan," ujarnya 

"Serta meningkatkan jum­lah pengunjung ke perpustakaan khu­susnya perpustakaan milik Pemprov Kalsel," tuntas Bunda Nunung. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya