Progres Museum Sudah 80 Persen, Ibnu : Akan Diisi Dokumen Digital Sejarah Banjarmasin

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Museum milik Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bakal selesai dibangun. 

Diketahui sebelumnya, Pemko Banjarmasin membangun museum di kawasan Muara Kelayan, Kecamatan Banjarmasin Selatan sejak tanggal 27 Juni 2022 lalu. 

Bangunan yang diberi nama Museum Sungai Banjarmasin itu lokasinya persis berada di samping Siring Sungai Muara Kelayan yang tak jauh dari kawasan RK3 Kelayan Barat. 

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang sempat meninjau pembangunan museum  Kota Banjarmasin mengatakan, saat ini progresnya sudah berada diangka 80 persen. 

"Kita pantau tadi kesana melalui jalur sungai dengan perahu. Karena lokasinya juga ditepi sungai juga. Pembangunan sekitar 80 persen lah," ungkap Ibnu Sina saat ditemui hallobanua.com, Kamis, (03/11/22). 

Progres pembangunam museum milik Pemko Banjarmasin ini kata dia harus selesai sesuai target. Yakni akhir bulan Desember 2022. 

"Mudah-mudahan selesai dan menjadi museum Kota Banjarmasin, karena kami sadar bahwa museum dan perpustakaan adalah simbol peradaban sebuah kota," ujarnya. 

"Karena setiap orang berkunjung kesetiap kota pasti mencari museum dan perpustakaan untuk mencari tahu sejarah kota itu," lanjutnya. 

Nantinya kata Ibnu, perlahan-lahan museum akan dilengkapi dengan dokumen digital yang tersebar dari museum nasional maupun museum diluar negeri. 

"Karena seperti di museum di Belanda, itu banyak sekali sejarah tentang Banjarmasin yang harus kita ambil dan kita sajikan kembali disini," jelasnya. 

Namun kata dia, hal itu tentunya memerlukan proses kerjasama dengan pemerintah pusat maupun dengan pemerintah luar negeri. 

"Tentu itu memerlukan lobi-lobi dan kerja keras," pungkasnya. 

Ibnu pun berharap, dengan rampungnya pembangunan museum itu menjadikan itu pembelajaran sejarah bagi anak muda di Kota Seribu Sungai. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya