Racik Ekstasi di Rumah, Warga Sungai Andai Dibekuk Polisi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ade Merdekawana, warga Jalan Sungai Andai blok Anggrek VI, No. 41, RT 25, Kelurahan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara, berhasil diringkus Kepolisian Sektor Banjarmasin Barat, pada Rabu (09/11/22) malam tadi.

Pria berumur 34 tahun tersebut merupakan pelaku peracik obat terlarang jenis ekstasi. 

Pelaku pun langsung diamankan anggota opsnal Polsek Banjarmasin Barat di rumahnya. 

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A Martosumito, didampingi Kapolsek Banjarmasin Barat, Kompol Faizal Rahman mengatakan, pengungkapan kasus berawal dari informasi adanya transaksi narkotika di lokasi tersebut. 

Dengan adanya laporan itu kata dia, petugas pun langsung melakukan lidik di lokasi, dan melakukan penggeledehan terhadap rumah pelaku.

"Saat diamankan pelaku sedang meracik atau membuat ineks," ujar Kapolresta Banjarmasin, Rabu (16/11/22). 

Dari penggeledahan tersebut, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti, berupa 1 paket besar sabu dengan berat bersih 23,89 gram, 1 paket kecil sabu dengan berat bersih 5,15 gram. 


Kemudian juga ada 14 butir ekstasi warna hijau dengan berat 7,31 gram, serta 4 butir ekstasi warna merah 2,49 gram. 

Tidak hanya itu, petugas juga berhasil mengamankan peralatan dan bahan yang digunakan pelaku untuk membuat ekstasi. 

"Untuk pelaku dan barang bukti langsung kita amankan ke Mapolsek Banjarmasin Barat, guna menjalani proses lebih lanjut,"  ujar Sabana. 

Orang nomor satu di Polresta Banjarmasin itu juga membeberkan, dari pengakuan pelaku, dirinya belajar membuat barang haram tersebut, dengan cara dibimbing melalui panggilan telepon. 

"Dalam seminggu pelaku dapat membuat sebanyak 40 butir ekstasi, dan pelaku diupah 25 ribu per bijinya," beber Sabana. 

Atas tindak kejahatannya itu, pelaku diganjar dengan pasa 113 ayat (2) jo Pasal 112 Ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 ttg Narkotika, dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara atau seumur hidup. 

Penulis : rian akhmad/may
Hukum dan kriminal
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya