Rumah Lanting Banjar Terlihat Miring, Warga Minta Diperbaiki


hallobanua.com, BANJARMASIN- Kondisi miniatur rumah lanting yang berada di dermaga Kubah Basirih, di Jl. Keramat Basirih, RT. 09 RW. 01, Kecamatan Banjarmasin Selatan, cukup memprihatinkan. 

Pasalnya, miniatur rumah lanting di wisata religi Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau Habib Basirih itu terlihat tak terawat. 

Bahkan, bangunan rumah banjar itu tampak miring, karena drum air plastik yang jadi penyangga bangunan terlihat terlepas keluar dan mengakibatkan air sungai dan eceng gondok masuk ke sebagian teras rumah lanting itu. 

Ahmad Taufik, salah satu juru parkir Kubah Basirih mengatakan, kondisi miringnya rumah lanting itu terjadi beberapa bulan lalu. 

"Sudah sekitar dua bulan kondisinya miring seperti itu," ucapnya, Senin (21/22/11). 

Ia pun menduga, lepasnya drum air pelastik dari fungsinya sebagai penyangga miniatur rumah lanting itu, disebabkan kondisi pasang surut air sungai. 

"Karena air sungai pasang surut lalu pelampung itu keluar. Akhirnya bangunanya miring," ujarnya. 

Pria 50 tahun itu pun mengungkapkan, meski miniatur bangunan rumah lanting itu tidak pernah dipergunakan, namun Ia berharap ada perbaikan Dinas terkait. 

"Semoga bisa cepat diperbaiki. Karena seringkali jadi spot berswafoto bagi peziarah yang datang," inginnya. 

Sekedar diketahui, miniatur rumah lanting itu didatangkan dari pulau Bromo ke dermaga wisata religi kubah Habib Basirih, saat kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. 

Kedatangan Menteri sendiri pada acara Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), di desa wisata Kubah Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, beberapa bulan lalu. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya