Gelaran Outlook Apeksi, Banjarmasin Siap Jadi Pintu Gerbang Perekonomian Kalimantan


hallobanua.com, BALIKPAPAN – Komitmen anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, tak main-main. 

Bertepatan dengan rangkaian kegiatan Outlook Apeksi tahun 2022, di Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim, seluruh anggota APEKSI pun sepakat mengunjungi lokasi pembangunan IKN. 

Saat berada di titik nol nusantara, Ketua APEKSI Pusat, Bima Arya mengatakan pembangunan IKN ini harus bersifat inklusif dan partisipatif dengan mengandalkan semua aspek. 

Menurutnya, dilaksanakannya pembangunan IKN dengan menganut kedua system tersebut, maka seluruh anggota APEKSI bisa memberikan sumbangan pemikiran untuk kemajuan IKN. 

"Apeksi siap untuk diajak bicara dan berdiskusi. Saya yakin, semua teman-teman, wali kota dan kepala daerah akan antusias untuk ikut berada di sini,” ucapnya. 

Dari kacamata anggota APEKSI, jelasnya lagi, keberadaan IKN nantinya bukan hanya sekedar menjadi pusat pemerintahan semata, tetapi keberadaan IKN Nusantara bagi anggota Apeksi akan dijadikan rumah yang nyaman bagi seluruh rakyat Indonesia. 

“Kami siap seluruh wali kota yang ada disini untuk menjadikan IKN rumah bersama, rumah untuk seluruh rakyat Indonesia,”  katanya. 

Apa yang dikatakan Bima Arya, disepakati pula oleh Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Perkotaan, H Ibnu Sina. 

Pria yang menjabat sebagai Wali Kota Banjarmasin ini menyatakan, kota berjuluk seribu sungai sangat mendukung pembangunan IKN. 

Bahkan, kota bermotto Kayuh Baimbai pun telah merencanakan, Kota Banjarmasin untuk menjadikan pintu gerbang perekonomian Kalimantan. 

Beberapa sector pendukung pun telah dipersiapan, seperti pembangunan infrastruktur perekonomian, pelabuhan, terminal, jalan darat yang memadai, serta pasar tradisional dan pasar modern yang baik. 

Outlook APEKSI sebuah kegiatan yang dilaksanakan seluruh anggota APEKSI untuk merefleksikan dan mereview seluruh angenda kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2022, dan mempersiapkan agenda kegiatan di tahun 2023 nanti. 

Outlook APEKSI 2022 ini, merupakan kegiatan ketiga kalinya yang telah dilaksanakan APEKSI. 

Menariknya, kesepakatan yang mereka ambil dalam kegiatan ini adalah mendukung sepenuhnya pembangunan IKN Nusantara. 

Di kegiatan hari kedua pelaksanaan Outlook APEKSI 2022, rangkaian kunjungan ke Ibu Kota Nusantara tepatnya di titik nol nusantara, dari Pemko Banjarmasindi wakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Banjarmasin, Machli Riyadi. 

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud dalam kesempatan tersebut mengatakan, dengan adanya kesepakatan yang telah ditetapkan di kegiatan Outlook APEKSI ini, maka siap atau tidak siap, nantinya Kota Balikpapan harus bisa menjadi tuan rumah di berbagai event. 

"Tak hanya seremonial, Dengan hadirnya wali kota se-Indonesia di sini, maka menjadi ajang promosi kita untuk memperkenalkan Balikpapan di luar pulau Kalimantan. Karena banyak yang mengira Balikpapan masih hutan. Tapi dengan kegiatan ini, termasuk dengan promosi kegiatan di atas kapal, jadi momentum kita, bahwa negara kita adalah Negara Bahari,” pungkasnya 

Penulis : tim liputan/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya