Pemberian Tablet Tambah Darah dan Pemeriksaan USG Meriahkan Peringatan Hari Ibu 2022

hallobanua.com, BANJARMASIN - Menyemarakkan Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2022, Pemko Banjarmasin bekerjasama dengan TP PKK dan Dinkes Kota Banjarmasin, menggelar berbagai kegiatan. 

Dilaksanakan di Puskesmas Sungai Jingah, Kamis, (22/12/2022), kegiatan seremoni juga dihadiri puluhan ibu hamil se Kota Banjarmasin. 

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengatakan, kegiatan ini merupakan  gerakan nasional untuk  peduli terhadap ibu hamil. 

"Mudah-mudahan kita terus selalu peduli terhadap ibu hamil disekitar kita," ungkap Wasilah, Kamis (22/12/22). 

Tak hanya itu, melalui kegiatan ini ujar Wasilah, kiranya bisa memunculkan suami-suami siaga. 

"Harapan kita ini juga bisa menjadi suami siaga. Kalau ada anggota keluarga yang lain, harapan kita bisa memberikan perhatian kepada ibu hamil," katanya 

"Karena dia sedang mengemban seorang calon generasi yang akan datang yang diharapkan berguna bagi nusa dan bangsa," sambungnya. 

Dalam kegiatan tersebut pihaknya melakukan pemberian bantuan terhadap ibu hamil, pemeriksaan USG untuk ibu hamil serta pemberian makanan sehat dan suplemen penambah darah. 

"Harapan kita pemeriksaan juga dilaksanakan ditempat lain dan tentu kita mendorong kesadaran para ibu yang hamil agar rutin memeriksakan kandungannya minimal 1 kali setiap 3 bulan, atau minimal 4 kali selama masa kehamilan" pungkasnya. 

Sementara itu, Kadinkes Banjarmasin Muhammad Ramadhan menuturkan, kegiatan digelar untuk penguatan kepedulian terhadap ibu hamil di Kota Seribu Sungai. Sesuai arahan Kementrian Kesehetan (Kemenkes) RI. 

"Sebenarnya ini kegitan cukup lama, namun karena beberapa tahun pandemi, jadi sempat terhenti. Ini dalam rangka pencegahan kematian ibu dan anak, serta pencegahan stunting," jelasnya. 

Ia membeberkan, banyak faktor pemicu kematian yang terjadi kepada ibu hamil, seperti anemia 

"Makanya kita ada gerakan disiplin minum tablet penambah darah ini, yang kita sosialisasikan terus menerus,"pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya