Penutupan BBKT, Karang Taruna Diharapkan Menjadi Kolaborasi Pemerintah Membangun Kota


hallobanua.com, BANJARMASIN- Kegiatan Kemah Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) se-Kota Banjarmasin yang dilaksanakan di Lapangan Bola Rahayu, Sungai Lulut resmi ditutup. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari sejak Jumat (23/12/22) itu, ditutup langsung Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Ibnu Sabil. 

Ia menuturkan, pergelaran Kemah BBKT se-Kota Banjarmasin ini merupakan kali pertama usai ditiadakan puluhan tahun sejak tahun 2003. 

"Alhamdulillah bisa terlaksana. Harapan kami sangat besar silahturahmi bisa berjalan bagi 63 Karang Taruna dari 52 Kelurahan yang diikuti sekitar 600 peserta," ucap Ibnu usai penutupan. 

Ia pun berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi kekuatan untuk membantu Pemko Banjarmasin dalam Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), maupun kegiatan lainnya yang selama ini dibantu oleh lembaga kemasyarakatan seperti Karang Taruna ini. 
Tak hanya itu, kegiatan ini juga membantu para anggota Karang Taruna untuk mengekspresikan berbagai hal yang mereka miliki pada sesamanya. 

"Mereka juga bisa mengenalkan tentang Karang Taruna mereka dengan Karang Taruna lainnya. Intinya silaturahmi lah," ujarnya. 

Ia tak menampik, jika kegiatan Karang Taruna seperti ini sangat jarang diikuti kaum muda bahkan hampir tidak ada. 

Oleh sebab itu, melalui kegiatan seperti ini kata dia bisa mendorong anak muda untuk ikut terlibat. 

"Kami harapkan kepengurusan kota/kabupaten Kalsel kemah bakti seperti ini bisa dilaksanakan minimal satu kali setahun dan itu digilir pelaksanaanya," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Banjarmasin, Arbaniansyah mengatakan, kegiatan karang taruna ini merupakan wujud eksistensi sekaligus kolaborasi bersama membangun Kota Seribu Sungai. 

Ia bilang, keberadaan karang taruna diharapkan menjadi kebutuhan masyarakat, serta kegiatan ini semakin bisa menumbuhkan empati jiwa sosial anggota. 

"Ini momentum hari kesetiakawanan dan wujud eksistensi karang taruna untuk masyarakat bersama membangun Kota Banjarmasin," katanya. 

Dilanjutkannya, kemah bakti yang dilaksanakan itu dirangkai dengan berbagai kegiatan diantarnya pengukuhan Pengurus KT Kecamatan, Kelurahan yang langsung dikukuhkan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. 

Kemudian penyerahan bantuan untuk lansia dan adik asuh, dan lomba kebersihan tenda kreasi, cerdas cermat, paduan suara. 

Kegiatan juga dilaksanakan latihan pengembangan ekonomi produktif, penanganan bencana, penguatan SDM KT dan Pemantapan pengkaderan. 

"Ini merupakan Kiprah karya nyata karang karang taruna di tengah masyarakat.  Sebagai organisasi sosial, KT dituntut aktif bersama membangun Kota Banjarmasin,"tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya