100 Persen Aduan Pada SP4N Lapor Tahun 2022 di Kota Banjarmasin Tertangani

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Komunikasi Informatika Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin menggelar rapat koordinasi dan evaluasi pengelola pengaduan, SP4N-Lapor Tahun 2022. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin, pada Senin (30/01/23) itu dihadiri sejumlah Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin beserta jajaran. 

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang memimpin rapat tersebut mengatakan, 
rapat koordinasi SP4N-LAPOR tersebut adalah bagian dari komitmen bersama, untuk menyampaikan agar seluruh pemerintah daerah memaksimalkan penggunaan SP4N-LAPOR, sebagai aplikasi umum kanal aduan masyarakat. 

"Ini tentu untuk progres pengelolaan dan pengaduan masyarakat itu, harus ada yang menanganinya. Jadi, publik komplain itu menjadi sebuah hak bagi warga negara dan masyarakat ketika mereka bertanya kepada pemerintah, pemerintah harus menjawab," ujar Ibnu Sina didampingi Kadiskominfotik Banjarmasin, Windiasti Kartika, Senin (30/01/23). 

Dilanjutkan Ibnu, menurut hasil evaluasi semua pengaduan masyarakat yang telah masuk ke Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) melalui SP4N-LAPOR tersebut meraih angka penanganan 100 persen. Dimana semua laporan dan aduan telah ditindaklanjuti, dengan rata-rata tindak lanjut 1 sampai 3 hari dari waktu pengaduan yang masuk. 

"Alhamdulillah di tahun 2022 lalu dari 277 pengaduan itu hampir 100% ditangani, artinya diselesaikan dan alhamdulillah ada juga ditangani dibawah 3 hari, ada yang 1 hari, ada yang 2 hari," jelasnya. 

Sementara itu, Kadismokinfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika mengungkapkan yang paling banyak di keluhkan yaitu terkait pembangunan infrastruktur jalan dan masalah drainase seperti jalan rusak serta jembatan. 

"Berdasarkan laporan alasan yang di sampaikan oleh SKPD bahwa keterlambatannya, karena menunggu dokumen pendukung, padahal seharusnya apabila sudah dilakukan tindakan lanjut segara laporkan," bebernya. 

"Kemudian, bukti dukung kita kumpulkan nah itu belakangan tapi yang pasti kita segera tindak lanjuti," pungkas Windi. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya