Petugas DPKP Banjarmasin Evakuasi Sarang Tawon Vespa Berukuran Besar dari Rumah Warga

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ancaman tawon vespa kembali terjadi di Kota Banjarmasin. Keberadaan sarang tawon vespa yang cukup besar di salah satu rumah warga di Jl Jafri Zam-zam RT 50 RW 04, Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah, cukup meresahkan warga. 

Hj Rusdiana, sang pemilik rumah mengaku ketakutan dengan adanya sarang tawon yang cukup besar bersarang di rumahmya tersebut. 

"Itu bersarang kan diatas, makanya bingung saya mau gimana, malamnya lapor kepada Damkar," ungkap ibu rumah tangga tersebut, Senin (30/01/23) siang 

"Tentu sangat takut kalau masuk ke rumah atau apa disengat. Tapi saya tidak mengetahui pasti sejak kapan sarang tersebut," timpalnya. 

Sementara itu, Danton Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamaran, (DPKP) Banjarmasin, Damanhuri mengungkapkan, dengan laporan tersebut pihaknya langsung melakukan evakuasi. 

"Dari laporan warga itu, langsung kita melakukan proses evakuasi," ujarnya, Senin (30/01/23). 

Dilanjutkannya, evakuasi sarang tawon vespa itu setidaknya memakan waktu kurang lebih 30 menit. 

Ia memperkirakan, besar sarang tawon vespa tersebut yakni dengan panjang kurang lebih 50 cm dan lebar 30 cm. 

"Kesulitannya tentu tawon ini bisa menyerang kita. Namun anggota kita sudah bersiap dengan APD Rescue," pungkasnya. 

Diketahui, tawon dengan nama latin Vespa Affinis merupakan salah satu jenis serangga penyegat yang bisa membahayakan bagi manusia. 

Sehingga, keberadaan sarang tawon di tengah pemukiman perlu segera dievakuasi untuk dipindahkan ke wilayah yang tak mengganggu manusia 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya