Angkat Tema "Bapak Gerilya Kalimantan", Sendratasik Berkarya ke 12 Bakal Pentaskan Sosok Hasan Basry

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pendidikan Sendratasik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan tahun 2019 dan 2020 menggelar kegiatan Sendratasik Berkarya ke 12 di Gedung Pertunjukan Balairung Sari Taman Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 9 dan 10 Februari 2023 mendatang. 

Kali ini ada sesuatu yang berbeda dalam pementasannya, yakni pertunjukan Sendratasik Berkarya ke-12 akan diadakan kembali dengan tema yang baru. 

Kali ini mengangkat tema "Bapak Gerilya Kalimantan" yang secara apik dikemas oleh sutradara dalam sebuah karya yang berjudul "Hasan Basry Tetap Merdeka". 

Ketua Pelaksana kegiatan, Muhammad Akmal mengatakan, ini merupakan gebrakan baru dari pihak produksi untuk mengangkat tema pahlawan asli Banua tersebut. 

"Biasanya mengangkat tentang budaya dan legenda di Kalsel. Namun tahun ini kita reformasi untuk penggarapan tema pahlawan," ungkapnya, Kamis (26/01/23). 

Tentunya, dengan gelaran ini kata Akmal diharapkan mampu menyampaikan pesan tersurat. 

Tak hanya itu, pertunjukan ini kata dia, guna memenuhi ujian mata kuliah Manajemen Pagelaran Seni dan Pagelaran Seni. 

"Ini ujian akhir kuliah manajemen yang dijalani mahasiswa semester 5 dan semester 7," ujarnya. 

Ia pun setidaknya menargetkan sebanyak 600 penonton untuk menyaksikan pagelaran tersebut. 

"Kita bagi 2 kali pementasan jadi targetnya sekitar 600 penonton," pungkasnya. 

Kemudian, menurut Pimpinan Produksi, M Zairullah, banyak rintangan dan kesulitan terkait penggarapan pementasan ini. 

Namun ujarnya semua itu bisa dilalui berkat kerjasama seluruh jajaran di Sendratasik Berkarya 12. 

"Terutama mengumpulkan data-data fakta sejarah. Jadi kita ambil referensi dari berbagai pihak baik itu dari sejarahwan dan lainnya," bebernya. 

Sementara itu, Sutradara dalam karya ini Ario Ramadan Ariyadi mengatakan, karya "Hasan Basry Tetap Merdeka" merupakan cerita yang menarik untuk diangkat. 

"Karna sebagian masyarakat Kalimantan Selatan masih belum mengetahui cerita perjuangan yang berada di Kalimantan ini," ujarnya. 

Ia bilang, Brigjend H.Hassan Basry ini merupakan sosok pahlawan Nasional Gubernur Tentara ALRI Devisi IV Pertahanan Kalimantan dalam mempertahankan kemerdekaan RI. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya