Launching Aplikasi Srikandi, Dispersip Tanbu Jelaskan Kegunaanya

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu melaunching aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Manfaatnya, guna meningkatkan kualitas dalam bidang kearsipan. 

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya launching aplikasi SRIKANDI di Tanah Bumbu ini. 

Karena, kegiatan ini memiliki peran strategis, dalam upaya mendukung terselenggaranya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis secara baik. 

“Seperti kita ketahui bersama, Kebijakan pengembangan dan penerapan SRIKANDI, mengacu pada Perpres 95/2018 tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Pasal 31. Di mana Aplikasi Umum ditetapkan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang aparatur negara. Dan Keputusan Menteri PAN & RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis,” ungkapnya. 

Sejauh ini, Pemkab Tanbu melalui Dispersip setempat telah melakukan upaya percepatan, dalam mengimplementasikan Srikandi dengan memberikan  pelatihan, dan menyiapkan Sumber Daya Pengelola Aplikasi SRIKANDI dimasing-masing SKPD. 

Guna mendukung percepatan tersebut SKPD menganggarkan sarana pendukung penerapan Srikandi, berupa Tablet untuk Kepala SKPD dan Laptop atau PC bagi pengelola aplikasi SRIKANDI. 

Selanjutnya, Pemkab Tanah Bumbu berkomitmen penuh mengimplementasikan penerapan SRIKANDI keseluruh SKPD Lingkup Pemkab Tanah Bumbu, dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintah bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik berkualitas dan terpercaya. 

“Seperti yang kita ketahui, bahwa penggunaan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum pada instansi Pemerintah, dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan, karena setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik, sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” katanya. 

Oleh karena itu, melalui momentum launching ini, Zairullah sangat berharap kepada seluruh Pimpinan SKPD beserta seluruh stakeholder, dapat mendukung penuh implementasi penerapan SRIKANDI pada Pemkab Tanah Bumbu, serta mendukung penuh kebijakan dalam penerapan Aplikasi SRIKANDI ini dengan baik. 

Sehingga nantinya, Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Pemerintahan Daerah Tanah Bumbu segera dapat dijalankan, guna mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Tanah Bumbu yang melayani, sederhana dan akuntabel. 

Kegiatan pelatihan aplikasi SRIKANDI ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan dijadwalkan oleh Pemerintah Daerah guna percepatan penerapan aplikasi SRIKANDI sekaligus mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

"Yang mana sebelumnya juga telah ditunjuk Tiga SKPD sebagai pilot project penerapan aplikasi Srikandi, yaitu Sekretariat Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika," ujarnya. 

Dikesempatan sama, Kadispersip Tanbu Yulia Ramadani menjelaskan, pelatihan ini merupakan lanjutan untuk pemantapan aplikasi SRIKANDI yang sebelumnya sudah di launching dan nantinya akan dilauncing kembali setelah pelatihan seluruh SKPD Tanbu selesai pada Januari 2023 mendatang. 

"Bila sudah berjalan diseluruh SKPD, aplikasi ini nantinya juga akan digunakan oleh seluruh perangkat Desa di Tanbu," ungkapnya. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya