Dinsos Bakal Bangun Shelter di Rumah Singgah

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin bakal bangun shelter di Rumah Singgah Baiman milik Pemko Banjarmasin di Jl. Gubernur Soebardjo No.26, Kelurahan Kelayan Selatan, Kec. Banjarmasin Selatan. 

Menurut Sekretaris Dinsos Banjarmasin, Maria Sri Sulistyaningsih, pihaknya bakal membangun 3 ruang shelter untuk Disabilitas, Lansia maupun Orang Terlantar. 

"Jadi itu untuk bisa dibedakan untuk laki-laki dan perempuan dan jenis permasalahannya," ungkapnya, Kamis (26/01/24). 

Ditanya kenapa shelter itu dibangun di kawasan Rumah Singgah Dinsos? Maria mengaku untuk memudahkan Sumber Daya Manusia (SDM) disana. 

"Mengingat SDM kita di sana sangat kurang. Jadi untuk petugas rumah singgah diperbantukan di shelter. Tapi tetap profesi psikolog, Pekerja sosial dan perawat dipekerjakan," katanya. 

Pagu anggaran yang bakal dikucurkan Dinsos Banjarmasin sebesar Rp 3,5 miliar. 

"Ini sudah lelang, mungkin di Triwulan kedua akan dikerjakan," pungkasnya. 

Sementara itu, Kadinsos Banjarmasin, Dolly Syahbana menambahkan, nantinya perrsmian shelter itu bisa dilaksanakan sekalian dengan peringatan hari jadi Kota Banjarmasin pada September mendatang.

"Jadi April dan Mei sudah dikerjakan. Mudah-mudahan saat hari jadi itu bisa diresmikan," katanya. 

Shelter itu kata dia setidaknya bisa menampung sebanyak 60 orang bahkan lebih. 

Dolly pun berharap, dengan hadirnya shelter nanti, status rumah singgah bakal naik menjadi Unit Pelayanan Terpadu (UPT). 

"Karena pak Wali Kota juga ingin membangun klinik kesehatan jiwa disana. Jadi otomatis kalau orang mengalami gangguan jiwa bisa berobat disana," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya