Bank Kalsel Bantu  Bangunkan Jembatan Apung untuk Keluarga Zainal


hallobanua.com, BANJARMASIN - Sempat tak memiliki akses jalan menuju ke rumahnya, akhirnya keluarga Zainal  mendapatkan bantuan pembangunan jembatan apung dari Bank Kalsel. 

Zainal yang sehari-hari bekerja sebagai supir itu, tinggal di Gang Taufiq, Kelurahan Sungai Lulut, Banjarmasin Timur selama lima tahun lamanya. Ia tidak memiliki akses jalan yang bisa dilalui sepeda motor. 

“Terima kasih untuk Bank Kalsel, sudah lima tahun tidak ada titian kayak gini. Bantuan ini bermanfaat untuk saya dan keluarga,” ujar Zainal, Sabtu (21/1/2023). 

Bantuan yang diberikan Bank Kalsel berupa 50 buah drum, kayu, dan papan untuk pembangunan jembatan apung tersebut. 

Pembangunan jembatan apung itu dilakukan secara gotong royong oleh warga setempat, didampingi lurah dan camat. (KN) setempat. 

Lurah Sungai Lulut, Suryani Syahril mengatakan selain dibantu Bank Kalsel pembuatan titian apung ini tidak hanya melibat warga setempat saja. Tapi dari warga di tiga kelurahan yang ada di Kecamatan Banjarmasin Timur. 

"Tentunya warga di Kelurahan Sungai Lulut, ada warga dari Kelurahan Kuripan, Kelurahan Pengambangan. Tadi ada Lurahnya juga ikut membantu," ucap Suryani kepada hallobanua.com pada Sabtu (21/1/2023) pagi. 

Selain itu lanjut Suryani, proses pengerjaan juga dibantu dari Karang Taruna serta dari Satgas Kebersihan di masing-masing Kelurahan yang mau secara sukarela membantu. 

Suryani menyebutkan akses jalan alternatif itu bisa terealisasi berkat bantuan dana dari Bank Kalsel yang sebelumnya diajukan pihaknya bersama Kecamatan Banjarmasin Timur untuk membeli material pembuatan titian apung itu. 

Material yang dibeli itu lanjutnya, berupa kayu dan puluhan drum plastik yang dipasang berjejer di  sepanjang rawa yang membentang sekitar 40 meter itu yang sebelumnya telah meminta izin pada pemiliknya. 

Di samping itu, ia menyampaikan bahwa tanah kavling yang ada di kawasan Gang Taufik sudah dihibahkan oleh pemilik tanah untuk jadikan sebagai Fasilitas Umum (Fasum). 

Kemudian dari Kelurahan Sungai Lulut telah mengusulkan pembuatan jalan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin dan rencananya jalan itu akan dibuat secara permanen. 

Tim liputan/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya