Disdik Banjarmasin Larang Siswa Bawa Latto-latto ke Sekolah


hallobanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan (Disdik) resmi melarang permainan lato-lato dibawa ke sekolah. 

Hal itu terlampir di Surat Edaran (SE) Nomor : 420/ 206-Sekr/Dipendik, terkait Edaran Pelarangan Penggunaan Lato-Lato di satuan pendidikan. 

Dalam SE itu, diarahkan kepada Pengawas Pembina TK, SD dan SMP. Selain itu juga untuk Guru dan Kepala TK, SD SMP
Negeri dan Swasta serta seluruh orang tua di Banjarmasin. 

Menurut Kadisdik Banjarmasin, SE itu dikeluarkan mengingat viralnya permainan latto-latto di kalangan siswa akan tetapi penggunaannya tidak sesuai pada tempatnya. 

"Tentunya hal ini banyak mengakibatkan dampak negatif seperti mengganggu kenyamanan dalam pembelajaran, cedera fisik, sampai kerusakan sarana prasarana di sekolah," ujar Nuryadi saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (11/01/23). 

Lantas, hal itu menurutnya perlu tndakan dari tiap satuan pendidikan untuk meminimalisir dampak ini dan juga untuk menciptakan kenyamanan peserta didik untuk belajar di sekolah. 

Adapun isi SE yang dikeluarkan pada Selasa, 10 Januari 2023 kemarin yakni sebagai berikut :
1. Menginstruksikan satuan pendidikan untuk membuat edaran tertulis yang bersifat persuasif kepada peserta didik masing-masing untuk melarang peserta didik membawa alat permainan lato-lato ke sekolah. 

2. Menghimbau kepada orang tua untuk lebih mengawasi dan memastikan keamanan anak-anaknya dalam melakukan aktivitas permainan lato-lato ataupun kegiatan lainnya agar tidak
membahayakan diri sendiri, orang lain dan lingkungan di sekitarnya. 

Oleh sebab itu, Nuryadi pun menghimbau, seluruh satuan pendidikan dibawah jajarannya untuk melakukan pembinaan. 

"Jadi kalau anak-anak punya, tolong dihimbau jangan dibawa dulu ke sekolah atau jangan dimainkan disekolah terlebih dahulu," pungkasnya. 

"Kepada orang tua juga terus dilakukan pengawasan terhadap anaknya, agar tak terjadi hal yang diinginkan seperti luka lebam ditangan karena permainan itu," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya