Dukung Program Smart City, Sekolah di Banjarmasin Gunakan E-Presensi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Menunjang dan mendukung program smart city, aplikasi E-Presensi sudah mulai digunakan di beberapa sekolah di Banjarmasin. 

“Sistem e-Presensi ini dibuat guna mendukung Banjarmasin menuju smart city,” ungkap Nuryadi, Kadisdik Kota Banjarmasin. 

Dengan e-Presensi, pelajar akan mendapatkan kartu khusus yang digunakan untuk absensi kehadiran hingga belanja di kantin sekolah. 

Nuryadi mengungkapkan, setidaknya seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ada 50 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Banjarmasin yang sudah ditunjuk untuk melaksanakan e-Presensi ini. 

Menurut dia, kartu e-Presensi siswa tersebut juga bisa diisi top up atau pembelian uang digital untuk belanja di kantin yang dikelola sekolah. 

Lalu bagaimana penerapannya di sekolah? Salah satunya yakni di SDN Surgi Mufti 1 Banjarmasin, para siswa antre melakukan presensi elektronik. 

Setiap datang ke sekolah, siswa langsung mengantre di depan salah satu ruangan untuk menempelkan kartu berisi data diri mereka. 

Tidak perlu menunggu lama, dalam sepersekian detik data pada kartu terbaca oleh mesin dan terdengar bunyi. 

Setelahnya, data siswa, foto, hingga kontak orangtua muncul di layar laptop operator. 

Kepala SDN Surgi Mufti 1, Abdul Hadi mengatakan, pihaknya sudah menerapkan e-presensi sejak seminggu terakhir, dengan total ada 387 siswa yang sudah mendapatkan kartu mereka. 

"Tapi, pelaksanaannya belum terlalu maksimal. Pengembangnya masih melakukan finishing. Nomor orangtua siswa belum terkoneksi ke aplikasinya, tapi sudah kami kumpulkan sebelumnya," kata Abdul Hadi. 

Lantas, ia pun berharap, agar aplikasi segera bisa diselesaikan dan bisa sepenuhnya diterapkan dalam waktu dekat. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya