Kunjungan Wisatawan Capai Angka Jutaan, Disbudporapar Banjarmasin Optimis Wisata Meningkat di 2023

hallobanua.com, BANJARMASIN - Angka kunjungan wisatawan di Banjarmasin pada tahun 2022 lalu mengalami peningkatan. 

Benar saja, dari data yang dihimpun Dinas Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, pada tahun 2022 setidaknya ada 1.180.543 wisatawan baik dari nusantara dan mancanegara. 

"Meskipun kadang turun naik angkanya. Seperti di Januari 2022 itu di angka 79.960 wisatawan nusantara dan sebanyak 121 mancanegara tapi kenaikan lagi pada Maret hingga April," ungkap Kepala Disbudporapar, Iwan Fitriadi, Kamis (19/01/23). 

Iwan memaparkan, tren meningkatnya wisatawan di Kota Seribu Sungai ini terjadi sekitar akhir tahun 2022 kemarin. 

"Kalau dilihat jumlah keseluruhan, trennya meningkat. Dan datanya ini kami dapatkan dari hotel-hotel di Kota Banjarmasin yang mengisi formulir wisatawan," ujarnya. 

Pihaknya pun optimis jika tahun 2023 ini angka kunjungan wisatwawan di Kota Seribu Sungai akan terus meningkat, apalagi pasca Pandemi Covid-19 ini. 

Sebelumnya juga diketahui, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina juga optimis di tahun 2023 mendatang kunjungan wisata meningkat di Banjarmasin. 

Lantas, ini pun berharap semangat baru untuk Banjarmasin agar segera bangkit dan pulih dari Pandemi Covid-19. 

Pucuk pimpinan Kota Baiman itu pun berpesan kepada Patriot Pariwisata serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Banjarmasin agar segera berbenah. Bukan tanpa alasan, menurutnya potensi Banjarmasin cukup besar. 

"Karena apa yang kita miliki belum tentu dimiliki orang lain. Jadi apa yang ada mari kita benahi, yang penting bersih dan nyaman," pungkas Ibnu. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya