Mengenal Sosok Aipda Indra Prasetyo, Anggota Polresta Banjarmasin Cetak Atlet Muathay

hallobanua.com, BANJARMASIN - Muaythai, seni beladiri asal Thailand yang disebut juga dengan seni delapan tungkai mulai dikenal di Indonesia sejak adanya Film Ong Bak. Dimana pemeran utamanya yang bernama Toni Jaa banyak menggunakan tehnik-tehnik Muay Thai dalam adegan perkelahiannya. 

Hari ini Muaythai bukan hanya dikenal sebagai olahraga beladiri, namun juga menjadi gaya hidup sehat karena dalam satu sesi latihan akan dapat membakar sekitar 300-500 Kkal. 

Maka dari itu bukan hanya atlet, banyak juga dari berbagai kalangan yang menjadikan olahraga Muaythai ini agar menjadi bugar, sehat dan membakar lemak serta bonus bisa beladiri. 

Di Kota Banjarmasin sendiri bukan hanya dari masyarakat sipil, namun anggota polri juga turut berlatih olahraga beladiri tersebut. 

Contohnya seperti terlihat di Mapolsek Banjarmasin Barat, Polresta Banjarmasin yang dilatih oleh Aipda Indra Prasetyo yang menjabat sebagai Banit Intelkam Polsek Banjarmasin Barat. 

Latihan tersebut dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran dan kesiapan personel, salah satu caranya yaitu dengan cara pelatihan bela diri Muay Thai. 

"Latihan ini bagus untuk menjaga fisik dan kesehatan terutama untuk tugas dilapangan," ucap Indra. Jumat (6/1/2023). 

"Selain itu, ini juga salah satu upaya dalam mencari bakat terpendam anggota polri di olahraga Muaythai untuk kelas senior," lanjutnya. 

Diketahui, Aipda Indra Prasetyo bersama Fajrin Husnu telah menjadi pelatih Muaythai Banjarmasin di Club Canost Fighter Muaythai (CFM) selama 3 tahun dan berhasil mencetak atlet atlet berprestasi. 

Diantaranya, pada bulan Oktober 2022 lalu atlet CFM berhasil meraih sebanyak 20 medali diantaranya 11 medali emas dan 9 perak. 

Kemudian pada Bulan November 2022 berhasil meraih sebanyak 14 medali dengan rincian yaitu 2 medali emas, 7 perak dan 4 perunggu. Dilanjutkan dengan ajang Seleknas dan Kejurnas persiapan Sea games Kamboja berhasil meraih sebanyak 3 medali yaitu 1 perak dan 2 perunggu. 

"Banyak atlet atlet asli banua yang berpotensi di Banjarmasin, target kita prestasi Muaythai kedepan akan lebih baik lagi dengan mencetak atlet sebanyak-banyaknya baik dari masyarkat mulai dari remaja hingga dewasa," terangnya. 

Ia juga berharap kedepannya dapat mencetak atlet atlet berprestasi di tubuh polri khususnya di Wilayah Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin. 

"Semoga kedepannya dapat mencetak atlet atlet muaythai berprestasi dari anggota polri khususnya di Banjarmasin," pungkasnya. 

Untuk diketahui, sebelumnya Aipda Indra Prasetyo sendiri telah melatih di Polres hingga para anggota polisi magang di Polsek. Selain itu, Guru MDIM Kindaung Banjarmasin Fajrin Husnu juga turut melakukan perekrutan di Sekolah-sekolah Banjarmasin untuk kelas remaja cabor Muaythai. 

Kris/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya