RPU Modern Bakal Hadir di RPH Basirih

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin bakal membuat Rumah Potong Unggas (RPU) yang dioperasikan secara modern. 

Benar saja, melihat kondisi bangunan dan kawasan saat ini, RPU di kawasan Basirih diketahui tak refresentatif lagi. 

Pihaknya berencana akan membangun RPU modern di kawasan Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih, Jl. Tembus Mantuil Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

”Rumah potong unggas dengan teknik modern itu merupakan program prioritas di 2023 dengan anggaran sebesar Rp6 Miliar,” kata Kepala DKP3 Kota Banjarmasin, Muhammad Makhmud, Selasa (17/01/23). 

Ia bilang, dengan penggunaan teknik dan teknologi modern, rumah potong tersebut akan mampu menyembelih 1.000 ekor unggas dalam satu jam. 

”Proses penyembelihan yang dilakukan sudah terjamin kesehatan, keutuhan daging dan kehalalannya sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” katanya. 

Makhmud juga menambahkan, penggunaan teknologi modern pada rumah potong tersebut juga memungkinkan untuk dilakukan pengelolaan limbah pasca penyembelihan. 

”Karena dengan pengelolaan limbah yang baik akan berdampak pada lingkungan dan masyarakat yang bermukim di sekitar rumah potong itu,” pungkasnya. 

Diketahui, fisik bangunan rumah potong unggas itu sendiri telah dibangun oleh DKP3 Banjarmasin pada 2022 lalu. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya