13 Tahun Kosong, Rumah di Purna Sakti Ambruk

hallobanua.com, BANJARMASIN - Warga di kawasan Jl. Purna Sakti Komp. Surya Sakti Jalur. 10 RT. 31 Kelurahan Basirih, Kec. Banjarmasin Barat pada Kamis, (09/02/23) dibuat geger, lantaran sebuah rumah disana ambruk. 

Sontak saja, robohnya bangunan rumah berlantai dua itu membuat khawatir warga sekitar. 

A. Zailani, Danru Regu 3 BPBD Kota Banjarmasin yang melakukan pemantauan di lapangan mengatakan, ambruknya rumah tersebut terjadi pada Kamis dini hari saat hujan deras disertai angin kencang. 

"Informasi, tadi malam kan hujan deras dan angin kencang. Jadi saat itu  ambruk," ungkapnya saat observasi. 

Ia bilang, saat ambles, kondisi rumah dalam keadaan kosong, alias tak berpenghuni. Pihaknya menduga runah itu ambruk karena pondasi rumah bagian ruang kamar sebelah kiri patah. 

"Karena pondasi rumah bagian kiri sudah tidak kuat menahan bangunan. Dan rumah di bagian belakang dinding dapur mengalami keretakan akibat imbas rumah di depan," jelasnya. 

"Ini sudah 13 tahun tak dihuni. Pemilik rumah pun berada di luar daerah, di Bali," lanjutnya. 

Tak hanya itu, di dekat rumah tersebut ujarnya terdapat sungai kecil yang diperkirakan juga menjadi jalur pasang surut sungai. 

"Jadi yang terdampak 1 rumah warga di belakangnya. Sepertinya sudah mengungsi ke rumah tetangga," pungkasnya. 

Zainuddin pun menghimbau agar pemilik rumah segera membongkar ambruknya rumah tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Tadi Babinsa juga sudah koordinasi dengan pemilik rumah, katanya menunggu pihak keluarga dulu mengecek. Namun warga mendesak agar segera dibongkar," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya