Masyarakat Sudah 'Melek' Akan Pembuatan NIB

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pelayanan program inovasi Manuntung (Maurus Perizinan Usaha Langsung Tuntung), dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berlanjut dilaksanakan di kawasan Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kamis (09/02/23). 

Dibuka sejak pagi di Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, disana DPMPTSP berikan pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Online Single Submission-Risk Bassed Approach (OSS-RBA). 

Kepala DPMPTSP Banjarmasin Ari Yani yang turut melakukan pengawasan mengatakan, inovasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang memiliki usaha atau UMK, untuk memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).
 
"Jadi dengan adanya NIB ini, mereka memiliki identitas usaha dan legalitasnya," ungkap Ari Kamis (09/02/23). 

"Mereka juga bisa ikut di pemerintahan seperti pendampingan dalam pengadaan modal usaha dan lain-lain," ujarnya lagi. 

Saat ini kata dia, masyarakat sudah mulai melek akan pentingnya pembuatan NIB ini. Benar saja, OSS-RBA adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat resiko kegiatan usaha. 

Sistem ini dibangun sejak bulan Maret 2021 yang diintegrasikan dengan sistem OSS yang ada di pusat Kementerian Investasi/BKPM. 

"Sebenarnya mereka sudah tahu, namun banyaknya usia yang lansia yang tidak paham dunia digitaliasasi. Makanya kita hadir membantu memudahkan mereka. Artinya keinginan masyarakat akan NIB ini meningkat signifikan," ujarnya. 

Ari Yani pun mengajak seluruh masyarakat di Kota Seribu Sungai untuk segera memiliki NIB bagi yang memiliki usaha di rumah. 

"Silakan buat NIB di OSS-RBA ini dengan cara mudah dan murah. Dan ini kami bantu dengan petugas kami di DPMPTSP di kecamatan. Dan kami nanti akan dilaksanakan di kelurahan-kelurahan juga," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya