Bangunan Tua Ambruk di Banjarmasin, Wasbang PUPR Himbau Pemilik Bangunan Ajukan Izin Sebelum Renovasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Musibah ambruknya sebuah toko di kawasan Jl. Pasar Baru, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, ikut menjadi perhatian dari  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin. 

Bahkan, pada Selasa, (27/09/22) petang kemarin, pihak Pengawasan Bangunan (Wasbang) bersama Kepala Dinas PUPR Banjarmasin sempat memantau lokasi ambruknya toko peralatan teknik dan bangunan tersebut. 

Namun, menurut Kabid Wasbang, Dinas PUPR Banjarmasin, Agus Suyatno, pihaknya terlambat untuk melakukan assesmen dikarenakan bangunan sudah dipolice line. 

"Mungkin karena kami datang terlambat, sehingga kami minim informasi terkait umur bangunan dan aktifitas roboh karena apa," ungkapnya. 

Meski begitu, pihaknya terus mencari informasi tambahan terkait ambruknya bangunan tersebut. 

Ditanya kemungkinan penyebab terjadinya ambruknya bangunan berlantai 2 tersebut? Agus mengaku saat ini belum bisa menjekaskan secara spesifik. 

"Akan tetapi kalau melihat dari aspek umur bangunan ini sangat tua sekali. Ini kemungkinan 30 sampai 40 tahun umur bangunan," ujarnya. 

"Apalagi ini tidak pernah dibangun ulang atau penataan ulang dari pemerintah ke penyewa dan pemilik. Sehingga penyebab spesifiknya masih kita lihat," sambungnya. 

Informasi awal yang didapatkan pihaknya, kata Agus, sebelum bangunan ambruk, ada aktifitas pembongkaran atau renovasi. 

Ia pun meminta kepada pemilik bangunan tua di Kota Seribu Sungai, jika ingin melakukan rehab bangunan, alangkah baiknya mengurus izin PBG. 

Izin PBG merupakan perizinan yang diberikan kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan gedung sesuai dengan standar teknis bangunan gedung. 

"Nanti proses perbaikan dan pembongkaran itu ada ritme dan aturan mainnya dari teknis bangunan gedung," pungkasnya. 

Bukan tanpa alasan, jika pemilik bangunan sudah memasukkan perizinan kata dia, otomatis ada tim dari PUPR Banjarmasin Bidang Wasbang yang melakukan pemeriksaan. 

"Disitu nanti kita akan berikan informasi terkait apa yang diperbaiki dan direhab," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya