BPBD Tanbu Imbau Warga Pesisir Pantai Waspadai Banjir Rob

          Surat imbauan peringatan dini
                        BPBD Tanbu

hallobanua.com, TANAH BUMBU - BPBD Tanah Bumbu mengimbau masyarakat Bumi Bersujud khususnya ada di pesisir pantai untuk mewaspadai adanya kenaikan air. Peringatan dini terhadap potensi banjir pesisir atau rob ini, dikeluarkan mulai 18-24 Februari 2023. 

"Berdasarkan prakiraan BMKG Kalimantan Selatan, potensi banjir rob akan terjadi selama satu minggu akibat adanya fenomena fase bulan baru atau super new moon," kata Kalak BPBD Tanah Bumbu Sulhadi saat dikonfirmasi Sabtu (18/2/2023). 

Sulhadi menjelaskan, fenomena berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Kalimantan Selatan, dan berdampak terhadap aktivitas masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir. 

Dikatakan, pasang air laut maksimum berpotensi di Kotabaru yang berdampak pada perairan Kabupaten Tanah Bumbu pada pukul 17.00-21.00 WITA dengan ketinggian gelombang maksimum mencapai 2,8 meter dengan potensi hujan sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang. 

Guna mengantisipasi potensi terjadinya bencana, maka BPBD mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dini terutama di saat melakukan aktifitas di luar rumah. 

"Masyarakat yang berada di sekitar pesisir agar terus waspada, kemungkinan akan terjadi gelombang tinggi dan naiknya air pasang laut dan dihimbau kepada para nelayan untuk menunda sementara aktivitas melaut apabila kondisi cuaca membahayakan bagi keselamatan," jelasnya. 

Sebagai informasi, Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat Kalimantan Selatan akan adanya potensi hujan badai pada Sabtu ini. 

Berdasarkan data, hujan badai diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Kotabaru pada siang hari, sementara di wilayah Hulu Sungai Utara (HSU) dan sebagian wilayah Kabupaten Tabalong diprakirakan terjadi hujan sedang hingga rintik-rintik dan lainnya. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya