Kunjungi Kota Semarang, Ini Inovasi Yang Akan Diadopsi Pemko Banjarmasin


hallobanua.com, BANJARMASIN - Beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) lingkup Pemko Banjarmasin melakukan kunjungan kerja ke Pemko Semarang , Senin, (28/02/23). 

Rombongan beberapa SKPD yang dipimpin Kadiskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasty Kartika itu, langsung disambut Kepala Diskominfo Kota Semarang Sunarto, di Situation Room Pemko Semarang. 

Menurut Windi, kunjungan itu tak lain untuk sharing dan berbagi inovasi antara Pemko Semarang dan Pemko Banjarmasin, dalam hal peningkatan PAD. 

"Kata kunci dari kunjungan ini tadi yakni Inovasi. Dengan inovasi ini pemko Semarang dapat meningkatkan PAD begitu besar. Bahkan 4 kali lipat dari PAD Banjarmasin," ungkap Windi, Senin (27/02/23). 

Salah satunya ujarnya yakni sistem pemberian diskon yang diberlakukan Pemko Semarang untuk Wajib Pajak di kotanya. 

"Kita pikir diskon itu pemotongan yang menjadikan pengurangan penghasilan. Ternyata dengan diskon itu membuat masyarakat jadi lebih semangat dan tertarik membayar pajak," jelasnya. 

Jelas saja hal itu ujarnya meningkatkan PAD dari beberapa sektor pajak di kota yang populer dengan sebutan Kota Lumpia itu. 

"Jadi itu salah satu contoh inovasi yang  perlu kami contoh, kami tiru di Kota Banjarmasin. Bagaimana caranya untuk bisa mengoptimalisasi penerimaan PAD Banjarmasin," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Semarang Sunarto menuturkan, kunjungan dari Pemko Banjarmasin ini merupakan kebanggaan Pemko Semarang. Apalagi pertemuan ini berkaitan dengan peningkatan smart city di Kota Seribu Sungai. 

"Kami juga mendengar Banjarmasin ini sudah mulai penerapan smart city mulai dari pengelolaan keuangan dan perpajakan," ujarnya.

Sehingga, hal itu pun membuat jajarannya membuka forum sharing atau pun berbagi bersama dengan Diskominfitik Banjarmasin. 

"Ini juga sesuai arahan pusat yakni, bisa berbagi baik sisi pengalaman dan kebijakan yang dimiliki masing-masing daerah," tutupnya. 

rian akhmad/ may
Semarang
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya