Program Normalisasi Sungai Siap Dilanjutkan Maret Ini

hallobanua.com, BANJARMASIN - Program normalisasi sungai untuk pengendalian banjir di Banjarmasin terus dilakukan Pemko Banjarmasin. 

Terbaru, program prioritas dari Wali Kota Banjarmasin ini memasuki tahapan pembebasan lahan. 

Setidaknya ada 3 kawasan di Banjarmasin yang akan dibebaskan untuk mendukung program tersebut. 

Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiarto membeberkan, 3 kawasan tersebut yakni kawasan Veteran dan Pekapuran Banjarmasin Timur, dan Jafri Zam-zam Banjarmasin Tengah.
"Ada sebanyak 20 persil lahan sekitar kawasan sungai Veteran Banjarmasin Timur dibebaskan. Pembebasan dilakukan tidak keseluruhan bangunan yang terdampak," bebernya beberapa waktu lalu. 

Menurut Thomas pihaknya hanya memerlukan luasan tambahan dalam pelaksanaan pengerjaan normalisasi oleh Balai Wilayah Sungai (BWI) Kalimantan III. 

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan pihaknya saat ini sudah memasuki pada tahapan persiapan penyediaan jasa konsultan penilaian lahan. 

"Nanti dari penilaian konsultan tadi akan dapat hasil lahan yang harus dibebaskan," katanya 

Thomas menjabarkan, pembebasan lahan dengan anggaran sekitar Rp 33 miliar itu ditarget rampung pada Maret mendatang. 

"Setelah lahan siap, maka program tersebut bisa segera dimulai. Dimana tahun ini difokuskan di wilayah segmen 1 kawasan Veteran," bebernya. 

Mulai dari Tempekong, hingga ke kawasan simpang Pasar Kuripan yang disambung hingga kawasan Sungai Lulut. 

"Pelaksanaan konstruksinya sendiri tetap tahun tunggal bukan multi years," pungkasnya. 

Pihaknya saat ini menunggu kesepakatan bersama warga terdampak. Jika ada yang tidak sepakat maka akan diberikan waktu 15 hari untuk menyatakan keberatan setelah negosiasi.
Namun jika dalam tenggat waktu tersebut tidak mengajukan keberatan maka dianggap menyetujui dan pembayaran langsung dilaksanakan. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya