Sepekan Berjalan, 680 Warga Banjarmasin Dapat Vaksin Booster Kedua

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sudah Sepekan lebih pelaksanaan vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum oleh pemerintah dilakukan Pemko Banjarmasin. 

Di Banjarmasin sendiri sudah tercatat ratusan warga mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat tersebut dari beberapa Fasilitas Kesehatan Masyarakat (Fasyenkes). 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Muhammad Ramadhan mengatakan, hingga Selasa (31/01/23) kemarin, tercatat sebanyak 680 warga yang telah mendapat vaksin booster kedua di puskesmas-puskesmas di Kota Seribu Sungai. 

"Sudah ada 680 orang yang kita input pcare dan manual," ucap Ramadhan melalui pesan singkat, Kamis (02/02/23). 

Namun menurut Ramadhan, warga tak punya banyak pilihan terkait jenis vaksin yang akan disuntikan. Mengingat stok yang tersedia sekarang hanya dua jenis. 

Benar saja, di puskesmas Cempaka misalnya. Disana hanya tersedia 2 jenis vaksin yakni Zivivac Dan Pfizer untuk booster kedua. 

Dengan dosis Pfizer separuh atau 0,15 ml dan Zivivax dengan dosis penuh atau 0,5 ml. 

"Ketersediaan vaksin sesuai dengan regimen masih belum lengkap. (misalnya Vaksin  Zifivax). Sekarang yang tersedia Pfizer dan Zifivax," pungkasnya. 

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait Vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua bagi masyarakat umum. 

SE itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan dan kerjasama pemerintah daerah dan fasilitas pelayanan kesehatan penyelenggara layanan imunisasi, baik pemerintah maupun swasta, dalam melakukan vaksinasi Covid-19 booster ke-2 bagi masyarakat umum (18 tahun ke atas). 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya