Tidak Beroperasi Selama Sebulan, Sebuah Kapal Imbal Terbakar di Handil Bakti

hallobanua.com, BANJARMASIN - Warga di kawasan Terminal Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala mendadak riuh saat melihat kobaran api besar di Sungai Kayutangi pada Minggu (19/02/23) kemarin malam, sekitar pukul 19.30 Wita. 

Diketahui, kebakaran tersebut melalap sebuah kapal imbal bernama Kapal Normasari milik Haji Jali, warga Komplek Griya Bakti, Handil Bakti, Kabupaten Batola. 

Pemilik kapal, Ardaniah (36) mengungkapkan bahwa saat kejadian dia sedang berada di terminal Handil Bakti, kemudian mendapat informasi kalau kapal miliknya terbakar. 

Terkejut mendapatkan kabar tersebut, ia pun langsung ke lokasi kejadian guna mengkonfirmasi dan mendapati api yang  tengah membakar kapalnya. 

"Saya juga kaget dan tidak tahu juga bagaimana kejadiannya," tutur Ardaniah. 

Padahal, diungkapkan olehnya bahwa kapal tersebut sudah sekitar sebulan lebih tidak beroperasi. 

"Biasanya digunakan untuk mengakut batu, pupuk, dan sebagainya. Tapi lagi sepi orderan dan sebulan lebih tidak beroperasi, jadi kapal dalam keadaan kosong," ujarnya. 

"Sebelumnya saat lewat tidak ada terjadi apa-apa di kapal tersebut. Untung tidak sampai merembet ke kapal yang ada disebelahnya," lanjutnya. 


Sementara itu, seorang warga yang melihat kejadian bernama Rahmadi (40) menjelaskan saat itu dirinya sedang lewat di area tersebut dan melihat ada kobaran api dari kapal tersebut. 

Menanggapi hal tersebut, ia langsung berhenti dan memanggil warga guna mencari pertolongan untuk memadamkan api tersebut. 

"Sempat ada suara letupan 1 kali, suaranya cukup keras tadi. Tapi saya juga tidak tahu suara apa yang meletup itu," terangnya. 

Dia juga menjelaskan api sendiri berasal dari tengah badan kapal yang cepat membesar karena kondisi angin sedang kencang. 

Berutung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Saat ini pun belum diketahui penyebab pasti terbakarnya kapal dan kerugian yang ditimbulkan. 

Kris- Rian/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya