Bersih-Bersih Lapas, Petugas Temukan Sajam dan Handphone

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sejumlah senjata tajam (Sajam) rakitan dan barang terlarang lainnya diamankan petugas gabungan saat razia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin, pada Jumat (17/03/23) pagi. 

Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Banjarmasin, Riyadi mengatakan, kegiatan "bersih-bersih" atau razia dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023. 

"Pertama tadi kita pengegeledahan badan kamar khususnya blok F dan E, yang dibantu anggota TNI dan Polri," ungkap Riyadi, Jumat (17/03/23). 

Tak hanya sajam, pihaknya pun menemukan beberapa barang elektronik seperti handphone, stop kontak listrik dan barang-barang lainnya. 

Usai temuan itu, pihaknya pun kata Riyadi langsung melakukan pemusnahan dan penghancuran benda yang sudah terjaring razia. 

"Kami pecahkan barang bukti yang sudah kami temukan. Ada handphone 4 unit, pisau rakitan kecil, korek, sendok dan lainnya," tuturnya. 

Barang-barang seperti itu menurutnya sangat tidak diperbolehkan berada di dalam sel. 

Kedepan, pemeriksaan serta penggeledahan tersebut bakal dilakukan setiap hari dan disemua blok di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin. 

"Dengan ada kegiatan ini, akan mengurangi benda-benda yang seperti itu," pungkasnya. 

Bagi warga binaan yang memiliki barang tersebut, pihaknya pun bakal memberikan sanksi terhadap individu tersebut 

"Jadi nanti ada sanksi. Kita akan keluarkan BAP sesuai protaf dan juknis yang ada,"tutupnya. 

Tak hanya penggeledahan, jajarannya juga turut melaksanakan test urine kepada 12 orang warga binaan di Lapas Teluk Dalam yang dipilih secara acak. 

Hal itu guna mendeteksi adanya penyebaran peredaran obat terlarang di wilayah Lapas Banjarmasin. 

Penulis : Rian Akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya