Deklarasi Ormas HaKa, Tokoh Aktivis 98 Kalsel Siap Kawal Pemilu dan Pilkada Damai

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Harimau Kalimantan Bersatu atau disingkat HaKa menggelar deklarasi pada Sabtu (04/03/23) di salah satu hotel di Banjarmasin. 

Tak hanya itu, Organisasi Masyarakat (Ormas) yang didirikan pada tanggal 10 Februari 2023 kemarin juga melakukan pelantikan pengurus terpilih pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Harimau Kalimantan Bersatu, Periode 2023-2028. 

Ketua Umum HaKa, Sumarko mengatakan, maksud dan latar belakang dibentuknya HaKa ini berangkat dari aspirasi masyarakat yang mereka serap. 

"Terkait dengan kebijakan Pemindahan IKN (Ibu Kota Negara), tentang Pemilu 2024 baik legislatif maupun eksekutif, tentang kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Pulau Kalimantan," ungkapnya kepada awak media, Sabtu (04/03/23. 

"Tak hanya itu, terbentuknya HaKa juga termasuk terkait stabilitas keamanan negara dan bangsa yang akhir-akhir ini kami nilai cukup rentan dan mengkhawatirkan terutama bagi generasi muda yang tak terlepas dari dunia maya atau massifnya aplikasi medsos," sambungnya. 

Oleh karena itu, jajarannya pun dalam deklarasi juga mengeluarkan pernyataan sikap, yaitu HaKa akan kawal pemilu dan pilkada agar berjalan lancar dan damai, advokasi terhadap kecurangan Pemilu serta meningkatkan partisipatif masyarakat sehingga minim Golput. 

"Bagaimana pun pemilu harus berjalan dengan lancar dan damai dan tak terlepas dari asas LUBER JURDIL (Langsung ,umum bebas rahasia,  jujur dan adil)," jelasnya. 

Kemudian kata dia pihaknya turut mendukung dan mensosialisasikan figur Kepala Daerah yang dipilih dan nilai sangat berkompeten, kredibel, berintegritas tinggi dan visioner. 

"Sebab daerah Kalimantan ini memiliki sumber daya alam yang dapat diupayakan menyerap ketenaga kerjaan yang sangat besar sehingga kesejahteraan dapat terwujud merata," ujarnya. 

Selanjutnya HaKa juga ikut mengawal dan mendukung pemindahan IKN agar memberikan dampak positif bagi perubahan  insfrastruktur dan kesejahteraan masyarakat kalimantan. 

Dan terakhir yakni dalam upaya meningkatkan stabilitas keamanan daerah HaKa siap bermitra dengan aparat keamanan baik Kepolisian dan TNI. 

"Stabilitas keamanan yang dimaksud adalah membantu menekan penyebaran faham faham radikalisme melalui edukasi, menangkal penyebaran berita Hoax dan penyadaran generasi muda untuk menguatkan kembali rasa kesatuan dan persatuan bangsa dalam bingkai NKRI sebagai bentuk bela negara,"pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya