Hari Dongeng Sedunia, Ria Enes Tekankan Metode Dongeng Sangat Penting Untuk Pembelajaran


hallobanua.com, BANJARMASIN - Kebahagiaan terpancar dari wajah ratusan anak-anak saat menghadiri kegiatan dongeng bersama Kak Ria Enes dan Susan pada Senin (20/03/23). 

Kedatangan Kak Ria Enes dan Boneka Susan ke Kalimantan Selatan (Kalsel) meriahkan Hari Dongeng Sedunia di yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel. 

Bersama Susan, Kak Ria mendongeng dihadapan 479 peserta yang terdiri dari 24 sekolah di Kalsel. 

"Pas tanggal 20 ini hari dongeng sedunia. Jadi betapa pentingnya dongeng ini dibelahan bumi manapun, jadi dongeng ini tradisi yang cukup lama yang harus kita teruskan," ungkap Ria kepada hallobanua.com. 

Saat ini kata dia, anak-anak hanya mengenal bermain dan belajar gembira. Hal itu menurutnya sulit untuk membuat materi bisa masuk kepada anak-anak. 

"Jadi bagaimana kita bikin anak-anak itu bahagia setiap harinya mulai dari bangun, kesekolah dan bertemu teman-temannya," ujarnya. 

Tentunya materi pembelajaran seperti dongeng dan bernyanyi ini kata dia sangat vital terhadap anak-anak. 

"Ini metode terpenting dan efektif. Apalagi penelitian juga membuktikan manfaat dongeng sangat banyak karena anak-anak akan mengenal karakternya masing-masing," pungkasnya. 


Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie mengaku kedepannya Dispersip Kalsel akan terus menerus melaksanakan kegiatan dongeng seperti ini. 

"Kalau dongeng ini pasti terus kita laksanakan lah," ungkap wanita biasa disapa Bunda Nunung itu. 

"Pokoknya hampir seluruh pendongeng nasional malah kita undang kesini," sambungnya. 

Menurutnya melalui dongeng, pesan dan informasi tersebut dikemas secara menarik dalam kemasan tokoh-tokoh dan latar cerita, hingga juga dapat membentuk karakter anak. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya