Libur Sebulan Saat Ramadan, Disdik Minta Siswa Berkegiatan Agama

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin juga mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait kegiatan bulan Ramadan. 

Di SE bernomor 400.3.5.1/2351-Sekr/Dipendik/2023, tertulis jika seluruh siswa-siswi PAUD, TK, SD dan SMP Negeri dan Swasta di Banjarmasin akan menjalani libur sekolah selama Ramadan. 

Kadisdik Banjarmasin, Nuryadi bilang, libur ramadan 1444 Hijriah untuk sekolah di Banjarmasin akan dimulai tanggal 22 Maret sampai dengan 20 April 2023. 

Kemudian dilanjutkan dengan libur setelah hari raya Idul Fitri pada tanggal 24 sampai tanggal 26 April 2023.  

Meski begitu, Nuryadi menyatakan, bukan berarti para murid akan santai atau tidak belajar sama sekali. Murid-murid ujarnya akan mengikuti sejumlah kegiatan dan tugas selama ramadan. 

"Misalnya pesantren ramadan, yang akan diikuti sejumlah murid selama 3 hari," ungkap Nuryadi, Senin (20/03/23). 

Kegiatan pesantren ramadan kata Nuryadi, diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah. Sesuai dengan alokasi waktu yang sudah diprogramkan. 

"Untuk jenjang SD kelas IV, V, VI dan SMP. Dari tanggal 27 sampai 29 Maret 2023," jelasnnya. 

Akan tetapi, untuk siswa kelas I, II dan II SD, ditetapkan libur total dan masuk kembali pada 27 April mendatang. 

Ia pun menganjurkan kepada siswa-siswi, di luar jam belajar, agar mengikuti kegiatan keagamaan di musala atau masjid terdekat, dengan membawa buku atau lembar kegiatan yang ditandatangani oleh pengurus. 

"Jadi kegiatan seperti salat dan membaca Alquran. Peribadatan yang dijalani akan berpengaruh terhadap penilaian mata pelajaran agama islam," harapnya. 

Selain itu, sekolah juga memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswanya, sesuai jumlah mata pelajaran yang dipelajarinya. 

"Setelah turun kembali, tugas tersebut akan dikumpulkan dan dievaluasi oleh guru masing-masing," pungkas Nuryadi. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya