Ini Harapan Wakil Wali Kota Kepada Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin Tahun 2023


hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemilihan Putra Putri Sasirangan, dalam Rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 7 tahun 2023 telah selesai pada Sabtu, (11/03/23) malam kemarin. 

Lutfi Riqqo Perdana dan Septian Nanda Alin Noya dinobatkan sebagai Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin tahun 2023. 

Atas torehan itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, pun berharap, lewat putra putri sasirangan ini, dapat mempromosikan dan mestarikan produk khas budaya Kota Banjarmasin itu. 

"Itu diharapkan dapat memberikan sesuatu yang baru bagi masyarakat Kota Banjarmasin. Oleh karena itu para peserta diharuskan dapat menampilkan berbagai keahlian, keterampilan dan potensi dalam dirinya," ungkap Arifin Noor 

"Ajang ini tidak hanya berorientasi pada penampilan secara fisik semata, namun juga berorientasi penilaian terhadap kepribadian dan kecerdasan dari putra dan putri sasirangan," sambungnya. 

Arifin menjelaskan, event tersebut turut berkontribusi memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Seribu Sungai. 

"Maka saya berharap agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai wahana untuk melestarikan dan mempromosikan adat budaya daerah kita, terutama kain sasirangan," ujarnya. 

Ia pun turut meminta putra putri sasirangan agar bisa berdayakan dan manfaatkan, serta libatkan pemuda-pemudi untuk mendukung program pemerintah. 

"Termasuk dalam mempromosikan produk khas dan budaya dari Kota Banjarmasin," pungkasnya 

Sementara itu, Kepala Disbudporapar, Iwan Fitriadi mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya pemilihan Putra Putri Sasirangan tahun 2023 itu, untuk menjadikan anak muda sebagai ambassador yang mencerminkan sikap mencintai dan bangga melestarikan
kain sasirangan. 

"Serta menjadi penghubung antara masyarakat dan pengrajin sasirangan supaya bisa menciptakan inovasi terbaru untuk memajukan kain sasirangan," katanya. 

Adapun untuk peserta, Iwan memaparkan yang terdaftar ada 93 peserta terdiri dari Putra 43 dan Putri 50. 

"Dan yang terpilih 10 pasang, putra putri masuk ke grand final yaitu 20 orang," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya