Konsep Nuansa Jadul Tempo Dulu Tetap Jadi Prioritas Pembenahan Kota Lama

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Pembenahan kawasan Bandarmasih Tempoe Doloe atau Kawasan Kota Lama Banjarmasin, di Banjarmasin Tengah tetap tampilkan ciri khas nuansa Jaman Dulu (Jadul) tempo dulu. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah. 

Menurutnya garis besar desain yang akan diterapkan di kawasan kota lama ini yakni tetap bisa menunjukkan nuansa Banjarmasin jadul tempo dulu. 

"Desainnya itu harus menyatu dengan lingkungan dan menunjukan ciri khas kota lama, yang pasti drainase dengan trotoar itu jadi satu kesatuan juga nyaman juga untuk pejalan kaki," ungkapnya belum lama tadi. 

Diketahui sebelumnya, kawasan Bandarmasih Tempo Doeloe atau BTD akan dibenahi tahun ini. 

Pasalnya, hal itu merupakan program prioritas dari Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina di tahun 2023 ini. Pihaknya pun berjanji akan segera merampungkan pembenahan kawasan itu. 

"Ya sesegeranya, mengingat ini juga merupakan salah satu program prioritas dan janji politik dari Pak Wali. Mungkin di awal April untuk penggarapan kalau sudah selesai DED nya," bebernya.

Anggaran yang dikeluarkan untuk pembenahan di ruas jalan serta bagian drainasenya hingga pembuatan trotoar kawasan kuliner di Jalan Simpang Hasanuddin HM itu yakni sekitar Rp7,8 miliar. 

"Ini untuk DED nya masih dibahas dengan pihak paguyuban terkait material apa nantinya yang akan digunakan lalu bagaimana desain finalnya. Soalnya kan nanti setelah proyek ini selesai kelanjutan perawatan dan pemeliharaannya dari merelakan, jadi mereka tau jenis material desain yang sesuai," tuntas Suri. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya