Tabligh Akbar di Lapas, Kakanwil Harap Warga Binaan Bisa Tingkatkan Iman dan Taqwa Menyambut Ramadan


hallobanua.com, BANJARMASIN - Ribuan warga binaan atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin antusias mengikuti kegiatan Tabligh Akbar pada Kamis (02/03/23) pagi. 

Peringatan Tabligh Akbar bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Ustadz KH. Abdurrahman itu, dilaksnaakan di halaman Lapas dihadiri Pimtitama Kanwil Kalsel serta Pejabat Struktural Eselon IV dan V Lapas Banjarmasin lapas. 

Ratusan warga binaan pun saat itu begitu antusias dan khusyuk mengikuti serangkaian kegiatan yang digelar, termasuk mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz KH. Abdurrahman. 

Kakanwil Kemenkumham Kalsel, H Faisol Ali mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadam yang sebentar lagi akan tiba. 

"Ini juga sekaligus memperingati Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW yang dirankaikan dengan doa bersama memasuki bulan Ramadan," ungkapnya Kamis (02/03/23). 

Tak hanya itu, dalam kegiatan kata Faisol, jajarannya terus menggaungkan 2 hal penting di lingkungan lapas. Yaitu Resolusi dan Reintegrasi Sosialbagi warga binaan di lapas yang ada di Kalsel ini.

"Kami buat 1 resolusi yakni Pesantren Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan) di seluruh Kalsle. Konsep Dasarnya masuk jadi warga binaan, kelua nanti jadi santri," katanya. 

Kedua kata dia tak lama lagi jajaranya menyambut peringatan ulang tahun pemasyarakatan. 

Lantas, pihaknya pun berencana melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi warga binaan pemasyarajatan. 

"Dari 16 lapas dan rutan di Kalsel kita akan adakan kompetisikan MTQ itu. Saya berharap di lapas Banjarmasin ini ada 1 Qori yang bisa mewakili Kalsel," bebernya. 

"Nanti kita kirim ke Jakarta dan hadiahnya Umroh, Insya Allah. Jadi itulah 2 hal kita sampaikan," tuturnya. 

Sementara itu, Ustadz KH. Abdurrahman usai menyampaikan ceramah mengaku senang melihat antusias warga binaan saat kegiatan Tabligh Akbar. 

"Alhamdulillah mereka senang. Karena acara kita ini mengangkat derajatnya," ungkapnya. 

Lantas, ia pun ingin agar seluruh warga binaan di Kalsel terus bisa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. 

"Kita ingin semua warga binaan bisa mengaji dan salat. Apalagi sebentar lagi mendekati bulan suci Ramadan. Jadi sholatnya diharapkan bisa berhamaah baik di sel maupun di masjid," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya