Cuaca Ekstrim Di Banjarmasin, Puluhan Rumah Rusak Diterpa Angin Puting Beliung

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Warga Kota Banjarmasin sepertinya harus mewaspadai adanya angin kencang serta cuaca ekstrim yang melanda Kota Seribu Sungai ini. 

Pasalnya, baru baru ini BMKG Kalimantan Selatan (Kalsel) mengupdate Peringatan Dini Cuaca Ekstrim Kalsel pada Minggu (02/04/23). 

Pihaknya memprediksi di Kalsel masih berpotensi terjadi hujan sedang sampai lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Lalu bagaimana di Kota Seribu Sungai? Rupanya musibah angin kencang serta puting beliung sempat menimpa beberapa daerah di Banjarmasin. 

Dari data BPBD Banjarmasin, kejadian angin puting beliung di Banjarmasin terjadi pada Jumat (31/03/23) kemarin dan mengakibatkan puluhan rumah rusak. 

"Ada sekitar 38 rumah yang rusak saat kejadian puting beliung kemarin," ungkap Koordinator Lapangan BPBD Kota Banjarmasin, Andi Putera, Minggu (02/04/23). 

Ia memaparkan, pada Jumat lalu sekitar pukul 13.30 WITA musibah angin puting beliung menghancurkan rumah warga di kawasan Jl. Jahri Saleh, Gang Adil Kelurahan Surgi Mufti, serta Komp. Jahri Saleh Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara.
"Jadi langsung sekaligus rumah warga terdampak angin kencang itu. Murni angin puting beliung" ujarnya. 

Dari pantauan pihaknya puluhan rumah warga terlihat hancur mulai dari atap terbuka, beberapa bagian rumah yang ambruk, hingga dapur rumah warga yang ambruk. 

Data rumah warga terdampak beber Andi yakni RT 10, RT. 9, RT. 24 Komp.Pandan Arum, RT. 03, dan di RT. 15. 

"Kemudian di Jl. Mesjid Jami, Gang Adil RT 3 dan RT. 4, Kelurahan Surgi Mufti. 10 buah rumah rusak disana dan 1 buah mushala rusak," paparnya. 

Ia pun bilang bahwa nantinya, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina akan memberikan bantuan kepada korban terdampak angin puting beliung tersebut. 

"Rencana besok Senin (03/04/23) pak Wali menyerahkan bantuan," pungkasnya. 

Ia pun menghimbau masyarakat berhati-hati serta waspada apabila terjadi perubahan cuaca dari panas menjadi mendung secara tiba-tiba. 

"Jadi itu potensi angin kencang sampai puting beliung ada. Dan usahakan bagi para pemancing jangan memancing dulu, jika ada petir," tutupnya. 

Untuk sementara tksiran kerugian masih belum bisa diprediksi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam keadaan tersebut. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya