Ini Komitmen Pemko Banjarmasin Melanjutkan Pembangunan Jalan Titian Ulin di Kawasan Pulau Bromo

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin terus menuntaskan komitmenya dalam merealisasikan program pembangunan dan pembenahan, khusus di kawasan pinggiran. 

Salah satunya adalah pembangunan jalan titian ulin di kawasan Pulau Bromo Teluk Ujung Benteng di Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Sedikitnya terdapat 4 Rukun Tetangga (RT) di kawasan itu yang saat ini tengah mendapatkan bantuan perbaikan jalan titian ulin dari Dinas PUPR Kota Banjarmasin, tahun anggaran 2023. 

Saat ini, perbaikan sendìri sudah mulai dilakukan. 

Kepala PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadyah pun menandaskan lanjutan pembangunan jalan titian di 4 Rukun Tetangga (RT) di kawasan itu pada tahun 2023 ini juga. 

"Perbaikan ini, sifatnya melanjutkan titian yang sebelumnya sudah diperbaiki di kawasan RT 4," ungkap Suri, Sabtu (08/04/23). 

Sebelumnya, di Dinas PUPR Kota Banjarmasin mulai memperbaiki titian di empat RT, yang menjadi akses utama jalan disana. Yakni di RT. 4, RT. 5, RT. 6 dan RT. 7. 

Untuk perbaikan pertama yakni mulai dilakukan PUPR kurang lebih sepanjang 60 meter di wilayah RT 4. Dan 40 meter di wilayah RT. 7, dengan pondasi kayu ulin dengan lebar 1,5 meter. 

"Jadi yang akan dilanjutkan itu ada RT 5, 6 dan RT 7. Akan kita kerjakan semua," tambah Suri.
 
Namun saat ini, pihaknya masih berkonsentrasi untuk rencana lelang supaya segera bisa dilaksanakan perbaikan lanjutan. 

Diberitakan sebelumnya, perbaikan tahun 2022 lalu dilakukan secara Penunjukan langsung (PL). Dan memperbaiki kurang lebih 100 meter jalan titian terlebih dahulu dengan anggaran Rp200 juta per titik 

Sedangkan perbaikan penuh yakni sepanjang 1 kilometer lebih, rencananya dengan anggaran murni tahun 2023 sebesar Rp 4 Miliar. 

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina terus mengintruksikan jajaran PUPR Banjarmasin untuk segera membangun jalan titian di kawasan tersebut. 

Rencana pembangunan titian Pulau Bromo tahun 2023 ini yakni RT 4 dengan total panjang  317 meter dan lebar 1,5 meter. 

Jenis konstruksi yakni titian kayu ulin lantai lapis beton tebal 10 cm dengan pagar kayu ulin dengan total dana Rp1.889.000.000 

Kemudian lokasi kedua yakni di RT 06, koreksi dari RT 5 yakni dengan panjang 358 meter dan lebar 1,5 meter. 

Untuk jenis konstruksnya masih sama yakni titian kayu ulin lantai lapis beton tebal 10 cm pagar kayu ulin dengan total dana Rp2.013.000.000. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya