Kegiatan Tablo Jumat Agung Di Gereja Batu Berlangsung Khidmad

hallobanua.com, BANJARMASIN - Gereja Katolik Katedral Keluarga Kudus, di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin Tengah menggelar serangkaian kegiatan pada peringatan Wafatnya Isa Almasih pada Jumat (07/04/23) ini. 

Salah satu rangkaian pada Jumat Agung  ini yakni kegiatan Tablo atau Dramatisasi Jalan Salib Tuhan yang dihadiri ratusan jemaat Gereja Batu tersebut. 

Ketua Panitia Paskah 2023Gereja Katolik Katedral Keluarga Kudus, Albert mengatakan, prosesi tablo jalan salib tuhan digelar untuk meningkatkan kesadaran ummat kepada pengorbanan Tuhan Yesus.

"Jadi tentu itu menjadi pengingat akan suatu pengorbanan seorang sahabat bagi semua sahabatnya," ungkapnya usai kegiatan tablo, Jumat (07/04/23). 

Ia bersyukur, antusias jemaat cukup tinggi pada pelaksanaan jumat agung ini. Bukan tanpa alasan, menurutnya sudah 2 tahun lebih kegiatan dramatisasi ini tidak dilaksanakan mengingat saat itu Pandemi Covid-19. 

"Sudah sejak tadi malam sudah dihadiri sekitar 2100 ummat. Kami berharap mereka bisa mengajak sanak saudara, anak-anak dan kawula muda untuk bisa lebih menguatkan iman mereka," tuturnya. 

Usai kegiatan ini lanjutnya, gereja batu nantinya juga kembali melaksanakan kegiatan peribadatan lain yaitu penghormatan salib. 

"Usai jumat agung ada penghormatan salib dan drama pasio. Itu merupakan rangkaian dalam misa," pungkasnya. 

Sementara itu, Laras (15) salah satu jemaat yang mengikuti kegiatan teatrikal tablo mengaku sempat terharu melihat dramatisasi yang diperagakan oleh para pemuda dari gereja katedral tersebut. 

"Terharu ya, apalagi sudah lama tidak melihat tablo ini. Jadi bersyukur dan terharu. Karena mengenang pengorbanannya itu untuk ummat manusia," ungkap anak 15 tahun tersebut. 

Ia mengaku datang ke gereja bersama sanak saudara serta teman-temannya untuk mengikuti kegiatan jumat agung.
Ia pun ingin, dengan berakhirnya pandemi Covid-19, peribadatan di gereja bisa berjalan lancar seperti sebelumnya. 

"Mudah-mudahan ibadah bisa lancar saja," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad,/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya