Curi 300 Kg Getah, 2 Pemuda Tanggung Di Kabupaten Banjar Ditangkap Polisi

hallobanua.com, KAB. BANJAR - Polres Banjar menangkap dua orang pelaku pencuri karet atau getah lum yang terjadi di Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam Kabupaten Banjar pada Sabtu (13/5/2023). 

Kedua pelaku tersebut berinisial A (20) dan R (18) warga Desa Surian Hanyar. Mereka diketahui mencuri sebanyak sekitar 3 pikul getah atau seberat 300 Kg. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp. 2.000.000. 

Saat dikonfirmasi, Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Taufik melalui Kasi Humas Polres Banjar AKP H Suwarji membenarkan adanya kejadian tersebut. 
Ia menjelaskan kejadian berawal saat pukul 02.00 Wita di Gudang milik korban, pelaku memasuki Gudang Penyimpanan Getah dan pada saat itu Getah yang ada diperkirakan ada sekitar 5 pikul atau 500 Kg. 

Kemudian pada pukul 06.00 wita korban bangun dan melihat layar CCTV yang mengarah ke Gudang gelap. Saat dicek, Korban mendapati kamera CCTV tertutup tanah lalu. 

"Mengetahui hal tersebut ia langsung melihat ke tumpukan Getah dan mendapati sudah berkurang sekitar 3 pikul atau 300 Kg," terang Kasi Humas Polres Banjar. (16/5/2023). 

"Atas kejadian tersebut korban langsung melaporkan ke Mapolsek Simpang Empat," tambahnya. 

Menanggapi laporan tersebut, anggota Polsek Simpang Empat dipimpin langsung oleh Kapolsek Simpang Empat Iptu M. Alhamidie melakukan proses penyelidikan. 

Hingga akhirnya petugas berhasil mendapatkan identitas dan mengamankan pelaku A saat sedang berada di rumahnya. 

"Saat diinterogasi A mengaku melakukan pencurian tersebut bersama dengan R," ungkapnya. 

"Dari informasi tersebut kami pun melakukan penangkapan terhadap R di rumahnya," lanjutnya. 

Atas perbuatannya, kini Kedua pelaku terancam dikenakan hukuman pidana pencurian dan pemberatan sesuai dengan yang diatur dalam Pasal 363 ayat 1 ke 3e 4e ayat 2 KUHP. 

"Kini kedua pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolsek guna proses hukum lebih lanjut," pungkasnya. 

Kris/ may
Hukum & kriminal
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya