Gelaran Konser Kangen Lagu Banjar, Cara Apresiasi Seniman Di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina turut melantunkan lagu Banjar berjudul Ampat Lima digelaran Konser Kangen Lagu Banjar, Sabtu malam (20/5/2023) di Auditorium RRI Banjarmasin. 

Aksi panggung orang nomor satu di Kota Seribu Sungai di konser bertajuk Baras Kuning itu, membuat penonton ikut bernyanyi membawakan lagu ciptaan H Anang Ardiansyah. 

Menurut Ibnu, gelaran konser ini dilaksanakan menandai harmonisasi seniman di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

"Dikemas dalam bentuk konser kangen lagu Banjar dedikasi untuk bang Dino Sirajudin dan Khairiadi Asa, dan pak Sukrowardi yang memfasilitasi," ujarnya usai kegiatan, Sabtu (20/05/23) malam. 

Ibnu pun berharap, dengan digelarnya konser malam tadi, itu merupakan bentuk kebangkitan lagu Banjar. 

"Ini merupakan apresiasi kita bahwa Banjarmasin adalah ruang seni budaya. Setiap sudut kota adalah ruang seni budaya," tuturnya. 

Sementara itu, promotor kegiatan Sukrowardi mengatakan, Konser Kangen Lagu Banjar melibatkan 50 musisi Kalsel  yang akan menampilkan 5 lagu legendaris Banjar dan 5 lagu baru bergenre kekinian ciptaan musisi kawakan, Dino Sirajudin. 

"Konser ini juga menghadirkan kolaborasi unik lahirnya 7 lagu baru menandai metamorfosa perjalanan karya seorang mantan wartawan dan aktivis yang kini mulai mengakrabi seni cipta lagu Banjar, Khairiadi Asa," ujarnya. 

“Lagu Banjar sudah saatnya berevolusi dan mendapat tempat dihati masyarakat Indonesia,” sambungnya. 

Lebih lanjut Sukhrowardi menyampaikan momentum konser kangen lagu Banjar bertepatan pada perayaan hari Kebangkitan Nasional ke 115 tahun. 

“Inilah momentum harmonisasi seniman Kalsel. Kami mengajak segenap pihak untuk mendukung dan bersama mendorong kebangkitan semangat persaudaraan dan solidaritas antar seniman Kalsel yang selama ini bagai jalan ditempat, berkarya produktif tanpa pamrih kendati masih minim peminat dan keberpihakan," pungkasnya.  

Penulis : rian akhmad/ may
Kota Bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya