Kasus DBD Muncul, Puskesmas Terminal Langsung Lakukan Penyemprotan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kasus  Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali muncul di Banjarmasin. 

Dari informasi yang didapat diketahui telah diterima laporan kasus DBD pada warga sekitar RT. 21 diwilayah kerja Puskesmas Terminal pada tanggal 15 Mei 2023 tadi. 

Lantas, dari informasi warga dan ketua RT. 21 petugas langsung menindaklanjuti dengan melaksanakan Penyelidikan Epidemiologi (PE) untuk memantau ada atau tidaknya jentik yang berkembangbiak dilingkungan rumah sekitar. 

Hasilnya, petugas menemukan adanya sarang nyamuk (jentik) pada penampungan air bersih (ember) yang ada diteras rumah yang menunjukkan bahwa hasil PE + jentik tempat jentik tersebut oleh petugas dan dibuang dan dibersihkan sambil mencari apabila ada jentik ditempat lain. 

Dari laporan itu pun dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Muhammad Ramadhan. 

Lantas, ia menghimbau kepada warga masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan respon positif dan dimengerti oleh warga sekitar. 

"Tentu kita mengapresiasi respon cepat yang diberikan petugas kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Terminal," katanya.

Kadinkes juga meminta kepada masyarakat untuk disiplin bersama melakukan 3M+ dilingkungan masing-masing dan PSN. 

"Sehingga menghindari terkena DBD terkhusus pada anak-anak dan segeralah ke fasyankes terdekat untuk dilakukan pengobatan," tuturnya. 

Tak hanya itu, ia pun meminta petugas puskesmas selalu siap menindaklanjuti dengan SOP PE, PSN 

"Dan jika hasil PE nya + maka baru dilakukan fogging, penyemprotan fogging adalah cara terakhir karena dampak fogging tidak baik untuk kesehatan Manusia dan Binatang pemeliharaan dalam jangka panjang," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya