Target Program Rutilahu, Dinsos Banjarmasin Akan Renovasi 38 Rumah

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sebanyak 38 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bakal dilakukan renovasi oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin. 

Diketahui sebelumnya, di tahun 2022 lalu, Dinsos Banjarmasin telah mendata ada sebanyak 46 rumah yang akan direnovasi dalam program Rutilahu. Namun jumlah ini berkurang menjadi 38. 

Diungkapkan Kepala Dinsos Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana pengurangan ini karena dari proses verifikasi kembali. 

"Karna beberapa rumah yang tidak jadi dimasukkan itu ada yang sudah dijual, ada juga yang sudah di perbaiki sendiri, serta ada yang karna pemiliknya sudah meninggal dan tidak memiliki ahli waris," ujar Dolly Kamis, (18/05/23). 

Untuk pengerjaannya sendiri kata dia, untuk sisa 38 rumah itu kemungkinan akan dilaksanakan di pertengahan bulan Juni 2023 nanti. 

Dolly juga menuturkan, nantinya akan ada penambahan jumlah rumah yang akan masuk dalam program rutilahu ini untuk segeranya direnovasi. 

"Karna sampai sekarang ada sebanyak 225 usulan yang masuk, ini semua nantinya menunggu di APBD perubahan berapa banyak kita akan mendapatkan anggarannya," tuturnya. 

Adapun lokasi paling banyak mendapatkan program rutilahu ini kata Dolly, yakni di kawasan Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Selatan. 

"Karena memang daerah ini yang paling banyak kelompok masyarakat miskin ektrim di Banjarmasin," pungkasnya. 

Untuk diketahui, nantinya mereka yang masuk kedalam program rutilahu di tahun 2023 ini akan menerima dana sebesar Rp 25 juta untuk setiap rumahnya, dimana angka ini meningkat dari dari yang sebelumnya Rp 24 juta di tagun 2022. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya